PENDIDIKAN DEMOKRASI SEJAK DINI MELALUI PEMILIHAN OSIS SMKN 1 PABELAN

Tampak suasana yang berbeda pada hari-hari sebelumnya. Pagi yang cerah kala itu, siswa SMK Negeri 1 Pabelan dari semua jenjang melaksanakan apel bersama di pelataran depan kelas masing-masing untuk menerima informasi berkaitan dengan rangkaian aktivitas yang akan dilaksankan tiga hari ke depan. Pada Selasa, 13 Desember 2022, adalah hari kedua jeda PAS yang diisi dengan berbagai kegiatan menyenangkan. Di antaranya kegiatan jalan sehat, pesantren kilat dan pengembangan kreatifitas, yang masing-masing dilakukan secara bergantian tiap hari dari kelas X, XI dan XII. Kegiatan berlangsung sampai hari Kamis, 15 Desember 2022, kemudian ditutup dengan pembagian hasil belajar semester gasal bagi seluruh siswa SMKN 1 Pabelan. Ada yang berbeda degan kegiatan jeda semester ini, karena kegiatan jeda kali ini disela aktifitas pesantren, jalan sehat dan pengembangan kreativitas bersamaan diselenggarakan kegiatan PEMILOS (Pemilu OSIS) periode 2023-2024, yang diselenggarakan pemungutan suara serentak  semua warga SMKN 1 Pabelan. Pemilos ini merupakan realisasi dari salah satu program kerja Kesiswaan yang dimotori oleh Bapak Slamet Rozikin, S.Pd. selalu Waka Kesiswaan dan Bapak Sumiyanto, S. Pd. selaku Pembina OSIS SMKN 1 Pabelan.

Pemilihan OSIS digelar selayaknya Pemilu (Pemilihan Umum). Menurut salah satu komisioner KPO (Komisi Pemilihan OSIS), sebelum kegiatan pemilu dilaksanakan KPO yang digawangi oleh Rafael Catur Abdi Nugroho tersebut mensosialisasikan tahapan-tahapan Pemilos. Tahapan tersebut  mulai dari jadwal pendaftaran, verifikasi data calon, pengundian nomor urut, masa kampanye, penyampaian visi & misi kandidat, hari pencoblosan, sidang pleno penetapan kandidat, sampai terakhir adalah acara pelantikan dan sertijab atau serah terima jabatan Pengurus OSIS Lama pada pengurus OSIS Baru. Untuk menjadi kandidat calon pasangan ketua dan wakil ketua OSIS harus memenuhi berbagai persyaratan. Persyaratan itu di antaranya adalah siswa dan siswi yg masih aktif di SMKN 1 Pabelan, aktif dan punya kemauan menjadi pengurus, punya kemauan untuk maju dan berjiwa memimpin. Khusus calon Ketua harus berasal dari perwakilan kelas XI (sebelas) dan untuk Wakil Ketua harus dari kelas X (sepuluh). Hal tersebut dilakukan dalam upaya pengkaderan. Akan tetapi dari beberapa kriteria di atas, yang terpenting calon ketua OSIS harus memiliki prestasi belajar yang mumpuni.

Sistem pemilos adalah dengan cara mencontreng gambar kandidat yang dipilih. Kertas suara dikatakan sah apabila pencentang sesuai ketentuan yang mana pencetangan harus di dalam gambar atau kolom nomer urut bakal calon. Pemilos kali ini dimeriahkan dengan 4 (empat) pasangan calon ketua OSIS, kandidat pertama adalah Dimas Bagas Saputro dari kelas XI TKR 1 dengan menggandeng calon Wakil Vina Azari dari kelas X PPLG 2. Kandidat kedua Nur Fitria Rahmawati dari kelas XI RPL 2 dengan calon wakilnya adalah Muhammad Akbar Hartono dari kelas X PPLG 1. Pasangan calon ketiga adalah Saskia Renety Kirana dari kelas XI RPL 1 dengan calon Wakil Natasya Sita Setya Pratiwi dari Kelas X PPLG 1. Sedangkan pasangan kandidat terakhir adalah pasangan Ilham Budi Kusuma dari kelas XI TKR 2 dengan Calon Wakil Aprilia Zulfa dari kelas X PPLG 2. Pemilih atau konstituen yang memiliki hak suara adalah guru, karyawan dan seluruh siswa SMKN 1 Pabelan. Tempat Pemungutan Suara (TPS) dipusatkan di depan lobi sekolah yang masing-masing terdiri dari 4 TPS dengan rincian sebagai berikut. TPS 1 digunakan untuk bidang kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif dan Bapak, Ibu Guru serta karyawan. TPS 2 Teknik Bisnis dan Sepeda Motor/Otomotif. TPS 3 digunakan bagi jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)/PPLG, sedangkan TPS 4 bagi jurusan Busana. TPS tersebut harus mempublikasikan DPT (Daftar Pemilih Tetap) yang sudah terdaftar. Pemilihan suara mendapat antusiasme dan support sangat baik dari ibu Kepala SMKN 1 Pabela, Ibu Titik Mardining Lestari, S.Pd., M.Pd., dengan memberikan contoh sebagai pemilih pertama yang telah memberikan apresiasi dan sekaligus memotivasi pemilih/konstituen berikutnya.

Pemilihan berjalan dengan lancar dan tertib dengan urutan pertama adalah  kelas X sebelum pelaksanaan jalan sehat. Kemudian dilanjutkan kelas XII, di sela-sela mereka menuangkan gagasan dan ide-ide kreatif di berbagai media dalam ajang kompetisi kreatifitas siswa, mereka bergilir bergantian melakukan pemungutan suara. Terakhir adalah kesempatan bagi kelas XI di sela tausiyah pesantren kilat. Kegiatan Pemilihan ketua OSIS ini merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan sebagai upaya belajar berdemokrasi dengan menerapkan asas LUBER yang sederhana. Semoga mampu memfasilitasi siswa agar bisa menentukan pilihan yang terbaik untuk kemajuan sekolah. Pemungutan suara berlangsung selama 2 jam sejak dibuka pukul 08.00 WIB dan ditutup pukul 10.00 WIB. Dengan jumlah konstituen sebanyak 860-an terdiri dari siswa, guru dan karyawan SMKN 1 Pabelan. Setelah ditutup langsung dilanjutkan penghitungan suara terbanyak yang akhirnya Pemilos hari ini dimenangkan oleh pasangan dengan nomor urut 1 yakni Dimas Bagas Saputro dan Vina Ashari. Mereka meraih suara sebanyak 292 suara, urutan kedua diraih oleh pasangan nomor urut 3 dengan jumlah  suara 173, diikuti pasangan nomor urut 4 sebanyak 133 suara dan terakhir pasangan nomor urut 2 sebanyak 67 suara, dan sisanya 135 suara dinyatakan rusak, dengan jumlah total sebanyak 800 pemilih.

Tahap berikutnya setelah ketua dan wakil ketua OSIS terpilih, harus mengajukan calon pembantunya kepada MPK (Majelis Perwakilan Kelas). MPK akan melakukan uji kepatutan dan kelayakan terhadap calon pembantunya tersebut. Dari hasil fit and pro pertest tersebut, MPK akan mengumumkan hasil ujinya dalam sidang pleno penetapan pengurus OSIS SMKN 1 Pabelan. Semoga terpilihnya ketua OSIS periode 2022-2023 kali ini mampu menjalankan visi misinya dan mampu membawa perubahan yang lebih  baik pada semua civitas akademika SMKN 1 Pabelan.

 

Penulis : Humas SMKN 1 Pabelan

Editor   : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang