Jadikan Alumni Sebagai Khatib Sholat Jumat di SMKN 10 Semarang

Pada hari Jumat , 27 Januari 2023 khotib sholat Jumat di SMKN 10 Semarang adalah salah satu alumni sekolah. Beliau adalah Ahmad Shidiq, alumni jurusan Nautika Kapal Niaga yang lulus tahun 2015. Beliau berbicara tentang hikmat Isra’ Mikroj dan implementasinya dalam kehidupan.

Dalam khutbahnya, khotib menjelaskan bahwa Isra dan Mi’raj adalah peristiwa penting dan bersejarah bagi umat Islam, sehingga ada banyak makna dan hikmah Isra Mi’raj yang dapat diambil untuk diterapkan dalam kehidupan seorang Muslim. Dalam kisahnya, Isra dan Mi’raj merupakan perjalanan Nabi Muhammad bertemu Allah dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, kemudian dilanjut lagi ke Sidratul Muntaha (langit ke tujuh).
Perjalanan luar biasa yang berlangsung singkat dalam semalam itu bukanlah rekayasa, melainkan nyata adanya sebagai bukti kekuasaan milik Allah.

Bahkan, dalam Al-Quran juga telah diterangkan kisah perjalanan Isra melalui QS Al Isra: 1. Sedangkan perjalanan Mi’raj, ada pada QS An-Najm: 1-18. Lantas, apa saja yang perlu dimaknai serta diambil hikmahnya dari perjalanan Isra dan Mi’raj Nabi Muhammad SAW? Yang pertama Bukti Allah Menyayangi Hambanya. Terjadinya Isra dan Mi’raj berlangsung pada tahun kesedihan bagi Rasullulah, yaitu ketika dirinya baru saja ditinggal oleh orang terdekatnya. Saat itu juga, Allah mengutus malaikat Jibril untuk membawa Nabi Muhammad melakukan perjalanan mulia nya sebagai bentuk penghiburan dari Allah.

Kedua Keimanan Meningkat Setelah Cobaan. Cobaan yang diberikan kepada Nabi Muhammad sebelum Isra dan Mi’raj merupakan ujian untuk meningkatkan keimanan, yaitu dengan kepergian orang terdekatnya. Ketiga Memperbaiki Kualitas Salat. Dalam perjalanan Isra Mi’raj, Nabi Muhammad SAW juga menerima perintah salat dari Allah yaitu 50 kali dalam sehari, namun setelah diberi keringanan jadilah lima waktu sehari. Ada makna dan hikmah Isra Mi’raj dari perintah salat ini, yaitu mengajak umatnya untuk memperbaiki kualitas salat sekaligus menjadi bakal memperbaiki hubungan dengan Allah.

Makna keempat adalah terjadi di malam hari. Peristiwa perjalanan Isra Mi’raj terjadi di malam hari seperti dalam arti QS Al Isra: 1. Alasan yang membuat Allah memilih perjalanan malam itu, karena semua orang sedang terlelap. Perjalanan malam merupakan waktu sangat sepi dan di sinilah perlu dimaknai, bahwa Allah sangat ingin melihat hambanya yang benar-benar beriman. Malam hari juga disebut sebagai waktu paling mustajab untuk berdoa serta mendekatkan diri kepada Allah dibandingkan dengan waktu lainnya.

Khikmah yang terakhir adalah mempercayai kekuasaan Allah. Isra dan Mi’raj mengajarkan bahwa Allah Maha Kuasa, karena perjalanan Nabi Muhammad tersebut seolah tak masuk akal apabila dilakukan hanya satu malam.

Guru Agama Islam SMKN 10 Semarang, Bapak Muhammad Suparjo berharap dengan khatib dari alumni menjadi teladan yang baik bagi siswa-siswa yang saat ini masih aktif di sekolah dan juga menjadi pembelajar yang senantiasa berkembang untuk kemajuan diri sendiri dan masyarakat.

“Khotib sholat Jumat dari alumni diharapkan dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi seluruh jamaah sholat jumat untuk terus menjaga persahabatan dan jalinan silaturahmi serta tetap komitmen dalam memajukan sekolah dan masyarakat” Ujar Bapak Muhammad Suparjo.

Penulis : Humas SMKN 10 Semarang