DIES NATALIS SMKN 6 SEMARANG KE 50: MEMBANGUN JIWA ENTREPRENEUR

Memperingati 50 tahun berdirinya SMK Negeri 6 Semarang, diadakan perayaan berupa pameran P5 dan Gelar Karya Siswa. Kegiatan ini dihadiri oleh Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I Povinsi Jawa Tengah, Perwakilan Industri dan tamu undangan lainnya. Dalam sambutannya Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, mendorong para siswa SMK khususnya di Kota Semarang agar memiliki jiwa entrepreneur. Harapannya dengan memiliki jiwa entrepreneur, peserta didik dapat menciptakan lapangan kerja dan mengurangi angka  pengangguran.

Pemerintah Kota Semarang akan menyiapkan wadah bagi siswa sekolah kejuruan agar dapat belajar menjadi entrepreneur atau pengusaha yang sesuai dengan kondisi saat ini. Wadah tersebut berupa program kegiatan maupun ruang untuk memamerkan karya mereka. Pemerintah Kota Semarang sudah beberapa kali bekerja sama dengan SMKN 6 Semarang, salah satunya mengadakan kegiatan fashion show di Pasar Johar dalam rangkaian acara Semarang Youth Festival. Ke depannya, akan dibuat program lain agar keterampilan siswa SMK semakin terasah. Kegiatan pameran P5 dan Gelar Karya berisi penampilan dan pameran dari masing-masing jurusan, antara lain tray parade, body painting, fashion show, flambé dan lain-lain. Gagasan dari Wali Kota Semarang disambut baik oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah untuk memberikan wadah siswa SMK belajar dan berkreasi.

SMKN 6 Semarang mengadakan gelar karya ini pada kegiatan HUT ke-50  untuk projek penguatan profil pelajar Pancasila dengan topik stop bullying, mencegah terjadinya perundungan di sekolah. Selain itu, tema lain yang diambil adalah kearifan lokal dengan topik mantu adat Jawa. Kegiatan ini untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik bahwa pernikahan dilakukan jika sudah matang, sekaligus memperkenalkan budaya Jawa kepada mereka.

 

Penulis : Humas SMKN 6 Semarang

Editor  : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang