RISET PERTUMBUHAN EKONOMI DI PASAR CANDI, KECAMATAN TUNTANG

Kamis, 2 Februari 2023, siswa SMK Negeri Satu Atap Tuntang bersama guru Proyek IPAS yaitu Ibu Nazillatur Rohmiyati, M. Pd. dan Agustin Indriani, S.Si., melaksanakan kegiatan outing class. Outing class tersebut dilaksanakan dengan mengunjungi pasar tradisional yang ada di Desa Candirejo, Kecamatan Tuntang. Kegiatan ini dilakukan untuk mengamati pertumbuhan ekonomi di Pasar Candi. Siswa dibekali teknik pengumpulan data baik melalui angket maupun wawancara. Selain itu siswa diminta untuk membuat dokumentasi seperti foto yang selanjutnya akan dibuat sebagai laporan hasil pengamatan.

Melalui kegiatan outing class, siswa sangat tertarik karena bisa menerapkan secara langsung materi yang ada di dalam mata pelajaran Proyek IPAS melalui interaksi sosial di lingkungan pertumbuhan ekonomi Pasar Candi. Dari beberapa hasil wawancara yang dilakukan kepada pedagang di Pasar Candi, pedagang sangat menyukai kegiatan yang dilakukan oleh siswa SMKN Satu Atap Tuntang. “Baru kali ini siswa SMKN Satu Atap Tuntang datang ke pasar beramai-ramai. Semoga kegiatan seperti ini dapat berlangsung secara berkala,” tutur Sarkiyem, pedagang buah salak dan rambutan yang merupakan pedagang terlama karena sudah 34 tahun berdagang di Pasar Candi.

Mendengar tutur kata pedagang tersebut terlihat bahwa Pasar Candi sudah lama berdiri namun kondisi pasar masih tergolong sangat tradisional. Terlihat aktifitas pasar yang sudah mulai sepi di siang hari. Dari hasil pengamatan, wawancara dan angket yang sudah dilakukan oleh siswa terhadap pedagang di Pasar Candi, siswa dapat menganalisis pertumbuhan ekonomi di pasar tersebut. Ke depannya kegiatan pembelajaran yang melibatkan interaksi langsung dengan dunia luar sangatlah perlu ditingkatkan. Dengan tujuan meningkatkan kemampuan bernalar kritis dan juga meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi baik dengan pihak lain.

 

Penulis : Nazillatur Rohmiyati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang

Editor   : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang