SMAN 1 Tuntang Raih Penghargaan Anugerah Prestasi Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I

SMA Negeri 1 Tuntang mendapatkan penghargaan pada Malam Anugerah Prestasi Cabang Dinas Wilayah I Provinsi Jawa Tengah. SMAN 1 Tuntang berhasil mendapatkan penghargaan dalam kategori Prosentase Satuan Pendidikan dengan jumlah yang lolos Guru Penggerak. Penghargaan tersebut diraih berdasarkan beberapa kriteria jumlah guru terbanyak yang lolos menjadi Guru Penggerak. Penghargaan diberikan langsung oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I Bapak Sunarto. Kepala SMAN 1 Tuntang Agus Setiyono, S.Pd., M.Pd., B.I. mengaku gembira dan bangga atas pencapaian yang diraih. “Pencapaian ini tidak hanya milik bapak ibu guru penggerak saja, namun pencapaian kita semua warga SMAN 1 Tuntang.” Menurutnya prestasi ini menggambarkan guru-guru di SMAN 1 Tuntang terus bergerak maju dalam hal adaptasi pendidikan demi pelayanan peserta didik.

Seperti yang telah diprogramkan oleh Kemdikbud, pada hakikatnya Guru Penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif dan proaktif. Perannya juga ikut serta mendorong tenaga pendidik lainnya agar menerapkan pembelajaran yang berpusat kepada murid, serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila. Guru Penggerak adalah guru-guru terpilih yang telah melewati serangkaian seleksi yang ketat dan berasal dari seluruh penjuru Indonesia.

Event yang diselenggarakan di Gedung Teater SMA Karangturi Semarang juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, Dr. Uswatun Hasanah, S.Pd., M.Pd. Beliau di awal acara memberikan sambutan dengan menitikberatkan pada capaian dan target yang selalu harus diperbarui tiap tahunnya guna meningkatkan semangat seluruh elemen Pendidikan di Jawa Tengah, khususnya lingkungan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I. Acara juga turut dihadiri Kasi SMA Provinsi Jawa Tengah, Kepala Tata Usaha Cabang Dinas Wilayah I hingga Ketua BPTIK Provinsi Jawa Tengah. Malam Anugerah Prestasi Cabang Dinas Wilayah I diselenggarakan dengan tujuan memberikan penghargaan pada satuan-satuan pendidikan dan juga siswa yang berprestasi di berbagai bidang.

 

Penulis : Humas SMAN 1 Tuntang

Editor   : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang