ARUNA SC, Perusahaan Siswa SMAN 3 Semarang Menjadi Juara di Tingkat Regional

Siswa memiliki perusahan? Mengapa tidak? Itulah ARUNA (Ganesha Rupaka Donya) Student Company,  merupakan perusahaan siswa SMA Negeri 3 Semarang yang dikelola di bawah naungan Prestasi Junior Indonesia (PJI). Dengan usaha yang gigih di bawah bimbingan Yuanita Fitri, guru mata pelajaran Kewirausahaan,  berhasil meraih prestasi The Best Student Company dalam ajang Regional Student Company Competition (RSCC) pada Sabtu, 28 Januari 2023. Kompetisi yang diadakan secara online ini diikuti oleh 10 perusahaan siswa dari Semarang, Solo, Yogyakarta, Jakarta dan Bandung. Prestasi Junior Indonesia (PJI), menggandeng PT. Combiphar melalui OBH Combi, menginisiasi lomba kewirausahaan ini sejak tahun 2014 melalui program edukasi kewirausahaan guna melatih jiwa entrepreneurship siswa-siswi yang duduk di bangku SMA/SMK di Indonesian. Hingga tahun ini lebih dari 55.000 pelajar dari 169 SMA dan SMK se-Indonesia mampu mendirikan dan mengoperasikan perusahaan di sekolah, termasuk menciptakan ide produk, merencanakan strategi bisnis, penjualan produk, hingga likuidasi perusahaan.

Kepala SMAN 3 Semarang, Drs. Yuwana, M.Kom. menjelaskan bahwa kewirausahaan telah menjadi bagian dari kurikulum sehingga keberadaan Student Company (Perusahaan Siswa) menjadi wadah yang tepat untuk mengakomodasi ide-ide siswa dalam belajar menciptakan produk-produk kreatif yang bisa dikenalkan dan dipasarkan ke tengah masyarakat. Sementara itu Muhammad Daffa, kelas X (sepuluh) Olimpiade, mewakili perusahaan mengungkapkan bahwa Aruna Student Company berawal dari kepedulian akan rusaknya lingkungan sebagai akibat dari maraknya industri kertas dan limbah daur ulang. Langkah Aruna SC selanjutnya adalah melakukan peningkatan mutu pada hasil sampling pengolahan pangan dan serat tumbuhan yang umum dijumpai, untuk difungsikan sebagai kertas ramah lingkungan.

Aruna Student Company juga melakukan pemberdayaan melalui kerja kemitraan UMKM lokal pada tahapan produksi, sebagai aksi sosial dalam gerakan menuju ekosistem dan lingkungan yang lebih baik. Salah satu aksi sosial yang dilakukannya adalah ARUPA (ARUNA Resik-Resik Pantai) yang dilaksanakan di Pantai Tirang.  “Selain membersihkan pantai, Aruna SC juga memberikan edukasi pada masyarakat sekitar dan pengunjung akan pentingnya kelestarian ekosistem pesisir,” tambah pembina SC, Yuanita Fitri. Bukan hanya meraih juara utama sebagai The Best Student Company dalam ajang RSCC 2023,  Aruna SC juga memenangkan The Most Innovative Product dan The Best Financial Management. Selanjutnya Aruna segera mempersipakan diri di ajang ISCC (Indonesia Student Company Competition) 2023 pada bulan Maret untuk berebut menjadi wakil  perusahaan siswa Indonesia di tingkat Asia Pasifik.

 

Penulis : Arief Syoga, WAKAKOM SMAN 3 Semarang

Editor  : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang