BIMLAT PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI, PJBL, LKPD DIGITAL & JOB SHEET DI SMK BINA NUSANTARA SEMARANG

SMK Bina Nusantara Semarang, menghadirkan narasumber Pengawas Sekolah yakni Ibu Dr. Ahlis Qoidah Noor, M.Pd. dalam bimbingan pelatihan pembelajaran berdiferensiasi pada Selasa, 31 Januari 2022. Pelatihan pembelajaran berdiferensiasi ini diikuti perwakilan 10 guru mata pelajaran Produktif dan Normada. Antusiasme guru dalam menerima bimbingan pelatihan sangat luar biasa, karena pada Kurikulum Merdeka saat ini guru harus menguasai tuntutan perubahan kurikulum sebelumnya agar dapat meningkatkan mutu pembelajaran yang inovatif dan berdiferensiasi. Kualitas peserta didik adalah salah satu produk pendidikan dalam menghadapi tantangan pendidikan di era globalisasi.

“Bimbingan pelatihan ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan dalam pembelajaran berdiferensiasi bagi para guru, dan bisa menjadi praktik baik dalam mengajar peserta didik kami,” ujar Bapak Ari Dwi Handoko, S.Pd. selaku Kepala SMK Bina Nusantara Semarang. Dr. Ahlis Qoidah Noor, M.Pd. menjelaskan terkait bagaimana pembelajaran berdiferensiasi, menciptakan pembelajaran yang efektif, inovatif dan berbasis projek, serta cara guru merespon dengan baik kebutuhan belajar masing-masing peserta didik. Karena pembelajaran berdiferensiasi ini merupakan pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan belajar peserta didik dengan menggunakan rumus taksonomi bloom. Dalam pembelajaran berdiferensiasi ini, guru juga harus merancang pembelajaran bagi peserta didik yang memiliki banyak ragam kemampuan, bakat minat dan kebutuhan belajar.

Pelatihan pembelajaran berdiferensiasi menjadikan guru lebih mempunyai gambaran dalam menciptakan suasana kelas yang menyenangkan, tanpa mengurangi materi yang disampaikan. Oleh karena itu, pembelajaran berdiferensiasi sangat bermanfaat untuk para guru, karena dapat diaplikasikan ketika pembelajaran berlangsung dengan beragam kegiatan belajar yang masuk akal dan mudah dimengerti peserta didik, sehingga semangat belajar semakin meningkat dan peserta didik dapat mengeksplorasi isi kurikulum.

 

Penulis: Kafidatul Islamiyah, S.Sos., Guru SMK Bina Nusantara Semarang

Editor 1: Dr. Ahlis Qoidah Noor, M.Pd., SMK Bina Nusantara Semarang

Editor 2: Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang