Maknai Kisah Isra Mir’aj  Lewat Drama

Siang yang cerah di Jumat, 17 Febuari 2023, bertepatan dengan 26 Rajab 1444 H tengah berlangsung peringatan Isra Mi’raj di aula SMAHA (SMA Islam Hidayatullah). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh warga SMAHA. Peringatan Isra Mi’raj dikemas secara unik oleh Rohis melalui drama. Mengangkat tema “Setetes Hikmah Perjalanan Agung Nabi Muhammad ﷺ, diharapkan melalui kegiatan ini siswa SMAHA lebih memaknai perjalanan Nabi Muhammadﷺ  dalam menerima wahyu perintah sholat dari Allahﷻ. Azka Afifah (XI IPS 2) dan Raka Hernando (XI MIPA 1) selaku pemandu acara (MC) menyapa peserta kegiatan dengan ceria. Acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an yang dilantunkan dengan khidmat oleh Aisyah Muna  dan sari tilawah oleh Sharleen dari XI MIPA 2. Dalam menyampaikan sambutannya, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, Ibu Sri Widayati S.Pd., mengajak siswa SMAHA untuk menciptakan suasana ibadah dengan baik. “Belajar dari peristiwa Isra Mi’raj, kita harus mengingat bagaimana perjuangan Nabi Muhammadﷺ  dalam meminta dispensasi kepada Allah terkait perintah sholat yang awalnya 50 menjadi 5 rakaat.”

Drama persembahan Rohis ini menceritakan kisah Nabi Muhammadﷺ, mulai dari beliau kehilangan istri dan pamannya, melakukan perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, perjalanan ke Sidratul Muntaha ke Arsy nya Allah, hingga menerima perintah sholat sebanyak 50 rakaat. Namun, Nabi Muhammadﷺ mendapatkan saran dari Nabi Musa untuk meminta keringanan kepada Allah. Akhirnya, Allah meringankan menjadi 5 rakaat. Hingga akhirnya Nabi Muhammadﷺ menerima. Kemudian beliau menjelaskan peristiwa tersebut ke kaum Kafir Quraisy. Namun, mereka tidak percaya. Akan tetapi Allah memberikan jalan kepada Nabi Muhammad untuk meyakinkan para kaum tersebut untuk percaya. Pada akhirnya kaum Kafir Quraisy percaya dengan perkataan Nabi Muhammadﷺ dan meyakini benar adanya.

Aktor drama memerankan setiap adegan dengan penuh makna. Mereka mempersembahkan peran terbaik sesuai dengan tugas masing-masing. Para penonton mengapresiasi dengan memberikan tepuk tangan meriah. Di penghujung acara, MC mengadakan kuis terkait kisah yang sudah ditampilkan. Peserta sangat antusias berebut menjawab pertanyaan. “Penampilan drama Isra’ Mi’raj ini sangat seru dan menarik. Panitia Rohis totalitas dalam menyiapkannya. Mulai dari isi, performance, pengaturan audio, serta lighting. Isi cerita diceritakan detail dan mudah dimengerti,” tutur Khayyirah (XI IPS 2).

 

Penulis : Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah

Editor  : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang