Belajar K-3 Mengasyikkan di Safety Center STEMSA

Pembelajaran Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K-3) di sekolah menegah kejuruan adalah materi wajib yang harus didapatkan oleh siswa. Pengetahuan akan keselamatan dan kesehatan kerja menjadi bekal siswa dalam mengarungi dunia kerja nantinya. Pengetahuan dan kompetensi K3 bagi lulusan SMK adalah kompetensi dasar yang harus dimiliki dan dikuasai. Untuk mencapai kompetensi tersebut siswa harus dibekali dengan pengetahuan real terkait K3 dan seluk beluknya. SMK Negeri 01 Semarang mendapatkan bantuan Safety Center dan peralatan peraga hasil kerjasama dengan PT. United Tractors Tbk melalui program SMK pusat Keunggulan pola pemadanan. Keberadaan safety center di SMK Negeri 01 Semarang menjadi wahana praktik dan pembelajaran bagi semua siswa di semua jurusan yang ada di SMK Negeri 01 Semarang.

Safety center dilengkapi dengan poster-poster K3 dan lingkungan hidup sebagai media pembelajaran bagi siswa. Selain itu juga dilengkapi dengan berbagai pemadam api portable berbagai jenis dan cara penggunaannya. Fasilitas lain yang ada adalah display peralatan tangan yang menunjukan mana alat tangan yang baik dan alat tangan yang tidak layak pakai. Kemudian di sana juga terdapat peralatan simulator untuk emergency switch ketika terjadi kecelakaan kerja di industri. Selain itu juga terdapat peralatan simulator lain yang mendukung pengetahuan K3 dan kesehatan lingkungan. Termasuk di dalamnya pengolahan sampah dan dampak yang bisa diakibatkan.

Kelebihan lain dari safety center yang dimiliki SMK Negeri 01 Semarang adalah setiap item alat peraga dilengkapi dengan barcode yang bisa discan untuk secara otomatis masuk ke web sobat UT dan bisa melihat materi terkait simulator yang dimaksud. Dengan fasilitas ini siswa bisa belajar secara mandiri materi-materi yang ada di safety center. Semoga keberadaan safety center mampu meningkatkan kompetensi K3 siswa lulusan SMK Negeri 01 Semarang. Terimakasih United Tractors tbk.

 

Penulis : Sunar, Humas SMKN 01 Semarang

Editor    : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang