Partisipasi Siswa SMK Theresiana Bandungan Dalam Pramuka Menanam

Jumat, 24 Februari 2023, sejumlah 40 siswa SMK Theresiana Bandungan berpartisipasi dalam aksi pramuka peduli lingkungan “Pramuka Menanam” di Legok Madu, Desa Ngipik, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Aksi tersebut diselenggarakan oleh Kwartir Daerah Jawa Tengah dalam rangka memperingati Hari Tunas Gerakan Pramuka ke-62 Tahun 2023. Tidak hanya rombongan dari SMK Theresiana Bandungan saja yang berpartisipasi. Seluruh sekolah yang berada di Kwartir Daerah Bandungan juga turut hadir memeriahkan kegiatan. Kegiatan yang dimulai sekitar pukul 06.30 WIB tersebut dibuka dengan sambutan dari ketua Kwarda Jawa Tengah dan dilanjutkan dengan arahan dari Gubernur Jawa Tengah sekaligus Kepala Mabida, Bapak Ganjar Pranowo. Dalam arahannya beliau menyampaikan mengenai betapa pentingnya kita sebagai generasi muda untuk turut melestarikan lingkungan sekitar, contohnya dengan menanam pohon. Melestarikan lingkungan sekitar juga berarti ikut menjaga bumi dari kerusakan.

Setiap siswa yang hadir dibagikan bibit pohon oleh petugas. Bibit yang dibagikan adalah bibit pohon kopi. Sebelumnya, setiap siswa juga dihimbau untuk membawa peralatan menanam sendiri, seperti cangkul dan cetok. Diperlukan tenaga yang ekstra untuk menuju lokasi penanaman. Kondisi tanah yang basah akibat hujan juga sedikit menyulitkan perjalanan, ditambah dengan angin kencang yang membuat tubuh kedinginan. Namun kondisi tersebut tidak menyulutkan semangat para siswa untuk segera menanam bibit pohon yang telah dibagikan.

Diharapkan dengan adanya kegiatan menanam pohon seperti ini, setiap siswa dapat lebih peduli mencintai dan melestarikan lingkungan sekitar. Dengan segudang manfaat yang bisa diberikan hanya dengan menanam satu pohon saja, tidak ada alasan lagi bagi kita untuk tidak turut serta menjaga lingkungan demi kesehatan dan kenyamanan diri kita sendiri dan orang-orang terkasih. Kalau bukan kita, siapa lagi? Kalau tidak sekarang, kapan lagi?

Penulis        : Humas SMK Theresiana Bandungan
Editor          : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang