SMA N 1 TUNTANG Dukung Pengembangan Media Ajar di Jawa Tengah

Dalam rangka monitoring dan sosialisasi pemanfaatan Portal Jateng Pintar, tim BPTIK menyambangi SMA Negeri 1 Tuntang. Tim dari BPTIK menyampaikan beberapa informasi, termasuk perihal transformasi digital. Perlunya implementasi TIK  ke semua aspek kegiatan di satuan Pendidikan menjadi salah satu prioritas Jawa Tengah di tahun 2023.

Ada beberapa hal yang menjadi tujuan dan harus terlaksana di Jawa Tengah, antara lain perlunya penerapan pengembangan School Management System (SMS) dan Learning Management System (LMS). Empat  pilar literasi digital di antaranya: (1) Digital Skill, (2) Digital Cultur, (3) Digital Ethic dan (4) Digital Safety.

Tim BPTIK mendorong bapak/ibu guru SMA Negeri 1 Tuntang untuk memberikan masukkan terhadap Jateng Pintar. Masukkan tersebut akan dijadikan dasar guna pengembangan konten di Jateng Pintar, baik berupa video pembelajaran hingga edugame.

Jateng Pintar merupakan gudang media pembelajaran yang dikembangkan oleh BPTIK. Di dalam platform tersebut terdapat  beberapa konten pembelajaran seperti 1) Augmented Reality, 2) EduGame, 3) Video Pembelajaran, 4) Audio Pembelajaran. Harapannya melalui platform ini dapat membantu bapak dan ibu guru di Jawa Tengah dalam hal pembelajaran kreatif dan inovatif di kelas.

“Adalah hal yang luar biasa kita memiliki platform sebesar Jateng Pintar dan yang memang dikhususkan untuk membantu bapak dan ibu guru mengajar” Tutur Kepala SMA Negeri 1 Tuntang Agus Setiyono, S.Pd., M.Pd., B.I.

Selain itu, Tim BPTIK juga memperkenalkan beberapa hal yang bisa dijadikan ruang kolaborasi. Seperti halnya Vodcast Berbagi yang bertujuan berbagi informasi, menyampaikan aspirasi, dan mensosialisasikan kebijakan terbaru seputar dunia pendidikan. BPTIK Dikbud juga memfasilitasi pendampingan radio ke SMA/SMK yang bertujuan menciptakan konten radio streaming yang positif.

BPTIK berharap agar sinergi dalam pengembangan media alternatif pembelajaran dapat tercipta khususnya dengan SMA N 1 Tuntang. Mengingat bahwa kebutuhan sekolah akan media pembelajaran yang beragam , saran positif sangat diperlukan BPTIK dalam pengembangan media di masa yang akan mendatang.

Penulis: Humas SMAN 1 Tuntang

Editor: Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah