Undang Motivator, SMAN 2 Semarang Siapkan Mental Peserta Didik Kelas XII Menuju Perguruan Tinggi yang Diharapkan: Bisa Karena Biasa, Biasa Karena Pembiasaan

Selasa, 21 Februari 2023, SMAN 2 Semarang bekerja sama dengan CV Erlangga mengundang seorang inspirator dan motivator, Muhammad Amin. Pembicara publik yang gaya penyampaiannya segar dan energik ini mampu membawa peserta didik sangat menikmati sajiannya. Bertempat di aula Graha Widyatama SMAN 2 Semarang, pemateri hadir di hadapan 430 peserta didik kelas XII membawakan tema “Membangun Masa Depan dari Sekarang.” Sebagaimana diungkapkan oleh Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, Dian Wulandari, S.Pd., kegiatan inspiratif ini diselenggarakan untuk memotivasi peserta didik agar siap secara mental dalam menghadapi tes ke perguruan tinggi sekaligus mengingatkan mereka bahwa suksesnya mereka antara lain bagian dari doa kedua orang tua dan guru-guru yang mendidiknya. Sekolah berharap, mereka lulus dengan nilai terbaik dan berupaya untuk melanjutkan di perguruan tinggi terbaik pula. Disampaikan juga bahwa dengan kuliah akan membuat peserta didik memiliki peluang untuk sukses lebih besar dan berpeluang bekerja di tempat terbaik. Sebaliknya, apabila peserta didik tidak memiliki semangat yang tinggi untuk melanjutkan ke perguruan tinggi dan hidup tak berpengharapan, ibaratnya miskin karya dan manfaat.

Untuk masa depan yang lebih baik, peserta didik perlu membuat rancangan terhadap masa depannya, antara lain menyadari bahwa nasib mereka di masa depan yang menentukan mereka sendiri. Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk merancang masa depan, antara lain peserta didik harus memiliki tujuan untuk meraih cita-cita, menuliskan target, membuat alasan mengapa impian itu harus diwujudkan, bergaul dengan teman-teman yang baik dan positif serta bertakwa kepada Tuhan YME. Di akhir motivasinya, Muhammad Amin menyampaikan bahwa sebaik apapun rancangan masa depan seorang peserta didik, tetap harus disadari bahwa hasilnya tetap di tangan Tuhan YME. Yang lebih penting lagi adalah membiasakan diri melakukan kegiatan yang positif demi masa depan yang lebih baik. Tentang bagaimana nanti hasilnya, berserah diri, Tuhan yang menentukan.

 

Penulis : Humas dan Kurikulum SMAN 2 Semarang

Editor  : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang