Mengintip Kegiatan  POPDA yang Berhasil Membawa Kabar Gembira

Perhelatan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Tingkat Kota Semarang tahun 2023 resmi dibuka. Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis, 16 Februari 2023 di Gor Manunggal Jati Kota Semarang dan dihadiri oleh atlet-atlet yang sedang berjuang mengikuti lomba untuk meraih kejuaraan. Banyak sekali cabang olahraga yang ditandingkan, salah satunya adalah cabang olahraga pencak silat. 

Cabang Olahraga Pencak Silat merupakan salah satu cabang olahraga bela diri tradisional yang berasal dari Indonesia. Cabang olahraga satu ini banyak diminati oleh beberapa kalangan, salah satunya yaitu  Ahmad Andry Setiawan, seorang murid yang sedang menempuh pendidikan di bangku kelas XI Nautika SMK Pelayaran Wira Samudera. Ia berhasil mengharumkan nama SMK Pelayaran Wira Samudera pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) tingkat kota Semarang. Walaupun atlet Andry ini meraih juara tiga (3) kategori laga kelas B putra, namun semangatnya tak kunjung goyah karena ini merupakan pertandingan perdananya di gelanggang turnamen. Salah satu tipsnya yang selalu diterapkan Andry yaitu  “berusaha dan tidak lupa berdoa”. 

Prestasi yang diraih Andry tidak serta merta muncul secara tiba-tiba, melainkan dibentuk dan difasilitasi oleh pihak sekolah. Persiapan yang dilakukan untuk menghadapi POPDA pencak silat salah satunya dengan dilaksanakannya latihan. Latihan-latihan tersebut dilaksanakan satu minggu sebelum POPDA berlangsung, dimulai dari sore hari setelah pembelajaran selesai hingga malam hari di setiap harinya. Tidak berhenti disitu, latihan juga dilaksanakan saat akhir pekan tiba. Hari minggu tepatnya, atlet dari SMK Pelayaran Wira Samudera ini mengikuti latihan pencak silat di luar lingkungan sekolah setiap paginya dan dibimbing langsung oleh pelatih. 

Bukanlah hal yang mustahil bisa mencapai segala sesuatu yang diimpikan. Meskipun tidak mudah, prestasi itu pasti dapat diraih, kuncinya dengan selalu belajar dan berusaha. Melakukan yang terbaik setiap harinya juga termasuk dalam salah satunya. Cucuran keringat yang terbayar dengan prestasi, tidak hanya diri sendiri dan sekolah yang patut berbangga, juga orang tua serta teman-teman yang senantiasa mendukung kegiatan positif yang dilakukan. Perasaan penuh kebahagiaan mengukir wajah seorang atlet Andry yang berhasil menjunjung nama baik sekolah dengan kemenangannya di kegiatan Perheletan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) cabang olahraga pencak silat berlangsung.      

Penulis: Karisma Sari, S.Pd., Guru SMK Pelayaran Wira Samudera.

Editor: Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah Semarang.