Gelar Aksi Sosial Pada Momentum HUT SMAN 14 Semarang ke-36

Pada hari jadi SMA Negeri 14 Semarang yang ke-36, Selasa, 14 Maret 2023, siswa SMA Negeri 14 Semarang melakukan aksi sosial berupa peduli kebersihan di sekitar sarana ibadah di wilayah Tanah Mas. Gereja Hati Kudus Yesus dan Masjid Al-Hidayah menjadi destinasi Sekolah Adiwiyata Mandiri tersebut untuk melakukan aksi sosial. Kegiatan yang dimulai pada pukul 07.30 sampai dengan 09.00 WIB tersebut melibatkan beberapa siswa perwakilan Rohis (Rohanis Islam), Rokris (Rohani Kristen) dan perwakilan kelas serta pendamping dari Bapak/Ibu Guru. cccccDalam keterangannya, Bu Dwi Kusumoningsih, Penanggung Jawab Aksi Sosial SMA Negeri 14 Semarang, mengkonfirmasi bahwa siswa-siswi yang dipilih untuk mengikuti kegiatan bakti sosial di Masjid Al-Hidayah dan Gereja Hati Kudus Yesus akan membersihkan di lingkungan tempat tersebut.

“Aksi sosial tersebut ditujukan untuk para siswa supaya mereka memiliki kepekaan sosial serta empati dan belajar toleransi di lingkungan mereka tinggal. Melalui baksos murid melakukan aksi nyata dalam menerapkan pembelajaran yang diperoleh di sekolah sekaligus membangun karakter yang sesuai dengan visi dan misi sekolah. Bersih-bersih di lokasi Masjid dan atau Gereja tersebut akan membiasakan murid untuk beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia baik terhadap diri, lingkungan alam dan lingkungan sosial,” imbuh Ibu Dwi.

Bapak Rahmadi, Pembina Rokris SMA Negeri 14 Semarang yang juga menjadi Guru pendamping kegiatan Bakti Sosial, melaporkan bahwa siswa yang terlibat dalam event aksi sosial berjumlah 80 an siswa dan dibagi ke dalam dua kelompok besar untuk membersihkan di area Masjid Al-Hidayah dan Gereja. Kegiatan ditutup dengan memberikan tali asih berupa alat-alat kebersihan, mendapatkan respon positif dari pengelola sarana ibadah tersebut. Dalam sambutannya Mas Iwan selaku Pengurus Rumah Tangga Gereja Hati Kudus Yesus menyampaikan, “Kami mengucapkan beribu terima kasih atas apa yang sudah diberikan oleh keluarga besar SMA Negeri 14 Semarang, membersihkan halaman gereja serta memberikan bantuan berupa alat-alat kebersihan.”

 

Penulis           : Muhamad Zayyinul Muttaqin, S.Pd., Guru SMAN 14 Semarang

Editor             : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang