Roadshow SMKN 1 Tuntang Disambut Meriah SMPN 7 Salatiga

Sebagai sekolah termuda di Kabupaten Semarang, SMKN 1 Tuntang terus berupaya meningkatkan citranya. Upaya yang dilakukan adalah dengan branding sekolah. Brand sekolah berbasis digital telah digaungkan sejak tahun 2018. Menggunakan kemajuan teknologi dalam seluruh aspek kegiatan sekolah. Kegiatan tersebut misalnya dalam pembelajaran guru telah menggunakan berbagai aplikasi dan LMS. Dalam pengelolaan administrasi baik pendidik dan tenaga kependidikan menggunakan google worksheet yang sangat memudahkan pengerjaan serta evaluasinya. Hal ini perlu diketahui oleh masyarakat, agar citra SMKN 1 Tuntang semakin meningkat.

‘Tak kenal maka tak sayang,’ pribahasa ini sangat mengena bagi SMKN 1 Tuntang yang terus berusaha mendapatkan tempat di hati masyarakat. Walaupun era digital ini setiap individu dapat melihat profil lembaga di media sosial, namun ternyata setelah pandemic Covid-19 berlalu sangat perlu ada perjumpaan secara langsung. Dalam perjumpaan ada nada interaksi dan komunikasi. Dalam interaksi sangat mungkin terjadi misskomunikasi. Perlu konfirmasi yang jelas bahkan langsung agar terjadi saling paham. Inilah esensi dari sebuah perjumapaan secara langsung. Upaya memperkenalkan potensi sekolah berjudul “Roadshow SMKN 1 Tuntang” yang merupakan agenda rutin sekolah. Tujuan kegiatan ini adalah untuk menjalin silaturahmi dengan berbagai macam kalangan baik lembaga pendidikan, masyarakat maupun lembaga lain yang peduli terhadap pendidikan. Selain menjalin silaturahmi, SMKN 1 Tuntang juga ingin bekerjasama dengan stakeholders agar keberadaan sekolah dapat bermanfaat bagi lembaga lain. Misalnya SMKN 1 Tuntang menawarkan untuk berbagi ilmu pengetahuan tentang pembelajaran yang berbasis digital

Kegiatan silaturahmi bulan ini dilaksanakan pada hari Jumat, 17 Maret 2023, di SMPN 7 Salatiga. Team dari SMKN 1 Tuntang disambut hangat oleh pendidik dan peserta didik SMPN 7 Salatiga.  Beberapa pendidik berinteraksi dan sharing pengalaman pembelajaran daring dan luring yang dilaksanakan di masing-masing sekolah. Acara diawali dengan membakar semangat melantunkan yel-yel yang sangat meriah. Keseluruhan materi disampaikan dengan lancar. Bahkan seksi tanya jawab berlangsung asik. Ada beberapa peserta didik SM N 7 Salatiga yang ingin mengetahui profil SMKN 1 Tuntang secara detail. Ada pula yang telah mengenal baik secara langsung ataupun melalui media.  Ada beberapa alumni SMPN 7 Salatiga yang memang menjadi peserta didik di SMKN 1 Tuntang sehinggga membuat diskusi semakin menarik namun tidak terasa waktu yang diberikan oleh panitia telah habis. Team harus segera mengakhiri kegiatan dan ditutup kembali dengan yel-yel dan tepuk tangan meriah.

Ke depan harapan dari SMKN 1 Tuntang yaitu agar kegiatan silaturahmi yang positif ini tetap dilanjutkan. Agar image sekolah akan semakin baik hal ini pastinya akan berdampak untuk menjaga eksistensi lembaga. Dengan nilai-nilai organisasi yaitu Adaptatif, Smart, Inovatif dan Kompetitif, sekolah akan berupaya mewujudkan nilai–nilai tersebut. Menjadi lembaga yang membawa siswa mudah beradaptasi pada dinamika perkembangan jaman serta teknologi. Mengupayakan potensi siswa mengoptimalkan berbagai kecerdasanya. Memunculkan dan mengaktualisasikan gagasan-gagasan baru. Serta menghasilkan output yang mampu bersaing di dunia kerja maupun industri.

 

Penulis : Naumi Ambarwati, S.Th., Guru SMKN 1 Tuntang

Editor   : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang