LSP P1 SMK N 8 Semarang Laksanakan Uji Kompetensi Keahlian Siswa
SMK Negeri 8 Semarang menggelar Uji Kompetensi Keahlian (UKK) bagi para siswa kelas XII. Ujian Praktik Kejuruan ini diselenggarakan selama 9 hari pada 01 Maret 2023 hingga 13 Maret 2023. Tercatat ada sekitar 287 siswa yang mengikuti pelaksanaan UKK.

Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P1 SMK N 8 Semarang, Ibu Wiji Lestari, S.Kom, menjelaskan, UKK merupakan ujian nasional untuk SMK dengan materi uji berupa praktik, dan teori. “UKK ini adalah Gong nya sekolah kejuruan,”ujar Ibu Wiji.

Sehingga, lanjut beliau, hasil UKK dapat dijadikan indikator ketercapaian standar kompetensi lulusan yang bermanfaat bagi sekolah, peserta didik sebagai pencari kerja, maupun dunia industri.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan UKK yang diselenggarakan oleh LSP P1 SMK N 8 Semarang ini, diikuti oleh siswa kelas XII Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Multimedia (MM) dan Teknik Komputer Jaringan (TKJ).

Ibu Dian Nirmala Santi, S.Kom, M.Kom admin dari LSP menambahkan, hasil Uji Kompetensi Keahlian (UKK) akan menjadi indikator ketercapaian standar kompetensi lulusan. Sedangkan bagi pihak industri yang terlibat, hasil UKK dijadikan sebagai informasi atas kompetensi yang dimiliki si calon tenaga kerja. “Harapannya semoga setiap anak bisa punya lisensi, karena mekanisme penilaian UKK ada dua, yaitu dari penguji internal(pihak sekolah) dan penguji ekternal dari Dunia Industri,”tutur Ibu Dian.

Berita ini juga dapat dibaca di

http://smkn8semarang.sch.id/berita-335-lsp-p1-smk-n-8-semarang-laksanakan-uji-kompetensi-keahlian-siswa.html

Penulis : Yemi M. Arbi, S.Pd. – Guru SMK N 8 Semarang

Editor : Tim Web SMK N 8 Semarang