Puskesmas Bandarharjo Adakan Skrining SDQ di SMKN 10 Semarang

Puskesmas Bandarharjo bekerja sama dengan SMKN 10 Semarang menggelar program skoring deteksi dini masalah emosi dan perilaku pada siswa-siswi SMKN 10 Semarang menggunakan kuisioner kekuatan dan kelemahan (Strength and Difficulties Questionnaire-SDQ). Kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis, 16 Maret 2023 tersebut bertujuan untuk mendeteksi dini adanya masalah emosi dan perilaku pada siswa-siswi SMKN 10 Semarang.

Kuisioner SDQ yang digunakan dalam kegiatan tersebut terdiri dari beberapa pertanyaan yang akan dijawab oleh siswa-siswi SMKN 10 Semarang. Hasil dari kuisioner SDQ akan digunakan sebagai dasar untuk memberikan tindakan pencegahan dan penanganan masalah emosi dan perilaku pada siswa-siswi SMKN 10 Semarang.

Kegiatan skoring deteksi dini dilaksanakan di ruang pertemuan SMKN 10 Semarang dan diikuti oleh perwakilan kelas XII sejumlah 20 siswa sebagai sample. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu para siswa-siswi dalam mengenali dan mengatasi masalah emosi dan perilaku yang mungkin mereka alami.

Bapak Helmi Yuhdana, S.Pd, M.M, selaku WAKA Kesiswaan berharap kegiatan skoring deteksi dini masalah emosi dan perilaku dengan menggunakan kuisioner SDQ ini dapat membantu siswa-siswi SMKN 10 Semarang dalam mengenali dan mengatasi masalah emosi dan perilaku yang mungkin mereka alami. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan mental dan emosional.

Penulis : Tim Humas SMKN 10 Semarang