Bulan Ramadan, SMAN 1 Bringin Mengaji Kitab Akhlak Lil Banin

Senin, 27 Maret 2023, SMA N 1 Bringin memulai ngaji kilatan kitab kuning dengan judul kitab Akhlaq Lil Banin Juz 1 karangan Syeikh Umar bin Ahmad Baradja. Kegiatan ini bertempat di mushola sekolah At-Tarbiyah dan diisi langsung oleh Bapak Ahmad Nadhir, S.Pd.I. Kegiatan yang khusus dilaksanakan selama bulan Ramdahan ini berlangsung seusai pulang sekolah. Dimulai pukul 15.15 WIB hingga berlangsung kurang lebih 30 menit. Kegiatan ngaji kilatan ini digawangi oleh ROHIS Fastabiqul Khoirot setiap hari. Kegiatan ini terbuka bagi siswa SMA N 1 Bringin secara umum dan bebas tanpa paksaan bagi yang berminat ingin mendalami ilmu agama.

Ngaji kilatan  dengan kitab Akhlaq Lil Banin ini berlangsung dengan sistem bandongan. Adapun sistem bandongan sendiri adalah salah satu ciri khas pembelajaran yang ada di pondok pesantren. Yakni proses belajar dimana seorang guru membaca kitab, memaknai, dan menerangkan sedangkan santri atau murid mendengarkan, menyimak dan mencatat apa yang disampaikan oleh guru. Selain diadakan secara offline di mushola sekolah, ngaji kilatan ini setiap harinya juga disiarkan secara online dengan live di Instagram ROHIS Fastabiqul Khoirot (@rohismefk).

Pemilihan kitab Akhlaq Lil Banin sebagai kitab yang dikaji bukan tanpa alasan. Akhlaq Lil Banin sendiri merupakan salah satu kitab yang membahas mengenai akhlak seorang anak. Fokus pembahasan kitab ini adalah seputar penyampaian nilai-nilai akhlakul karimah. Jadi dengan adanya ngaji kilatan ini diharapkan siswa SMAN 1 Bringin memiliki bekal ilmu adab atau akhlak untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga anak akan terbiasa bersikap sopan hormat dan menghargai semua orang khususnya orang tua dan guru.

Penulis : Indana Mashlatur Rifqoh, S.Pd.I., Guru SMAN 1 Bringin.

Editor   : Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah.