LDK OSIS SMKN 11 Semarang Bahas GRIT Bersama GSM

Kamis, 14 April 2023, Bidang Kesiswaan SMK Negeri 11 Semarang menyelenggarakan LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) Pengurus OSIS yang membahas GRIT bersama para relawan muda Gerakan Sekolah Menyenangkan. Kegiatan tersebut berlangsung di ruang laboratorium bahasa.

Diskusi secara online ini merupakan serangkaian acara LDK pengurus OSIS yang baru dilaksanakan sebelum pemilihan ketua dan wakil OSIS sampai pelantikan yang direncanakan tanggal 18 Agustus 2023. Dalam kurun waktu tersebut, mereka mengikuti kegiatan-kegiatan dalam rangka pelaksanaan LDK antara lain: 1) melaksanakan empat challenge yaitu melakukan wawancara dengan pejabat di masyarakat, melaksanakan project sosial di masyarakat, berwirausaha dan kerja part time; 2) melaksanakan kegiatan bersama di kepengurusan OSIS seperti berjualan mencari dana untuk kas OSIS, 3) mengikuti webinar yang dilakukan oleh relawan muda dari GSM, 4) mengikuti pelatihan dan pendampingan wirausaha dari wirausahawan muda, dan 5) mengikuti pelatihan organisasi.

Kali ini, mereka melaksanakan kegiatan webinar dengan narasumber relawan muda GSM yang sedang menempuh kuliah psikologi dan sosiologi UGM. Bahagia yang saya rasakan karena dapat menyediakan ladang yang dapat digunakan untuk menyebar benih-benih kebaikan dari para mahasiswa dan siswa calon pemimpin masa depan. Saya ucapkan terima kasih kepada Kepala Sekolah, Drs. Luluk Wibowo, S.ST, MT., yang telah memberikan memberikan motivasi kepada calon pengurus OSIS angkatan 33 ini. Pesan yang beliau berikan jadikan OSIS sebagai wadah untuk mengembangkan passion terutama dalam berorganisasi dan menjadi agen perubahan untuk masa depan. Terima kasih pula kepada narasumber dari relawan GSM tersebut antara lain Mbak Diyah (Psikologi UGM), Mbak Hasna(Sosiologi UGM) dan Mbak Azza (Psikologi UGM) serta para calon pengurus OSIS yang antusiasmengikuti kegiatan webinar ini.

Webinar yang dilakukan selama 2 jam ini mengusung temaMenjadiSiswa Berdaya, Menggali Minat, Meraih Impian” yang materinya mengupas tentang pentingnya GRIT dan bagaimana mengoptimalkan GRIT untuk personal maupun OSIS.  GRIT merupakan kombinasi antarapassion, talenta dan bakat yang dimiliki dengan daya juang (effort) yang harus terus menerus dipupuk sehingga potensi yang dimiliki tidak hanya berhenti pada keterampilan saja, namun akan berlanjut padaproses pencampaian prestasi sesuai versi terbaiknya masing-masing.

Webinar yang melibatkan relawan muda GSM dengan pengurus OSIS ini merupakan kegiatan yang pertama dilakukan dan saya merasa bersyukur dapat terlaksana dengan baik. Meskipun melalui Zoom, kedekatan para relawan muda GSM dengan adik-adik calon pengurus ini sangat terasa. Pertanyaan-pertanyaan dan diskusi semakin asyik ketika dilakukan sesi tanya jawab. Ditambah dengan kegiatanpenutup berupa refleksi menggunakan aplikasi padlet yang hasilnya seperti padalink: https://bit.ly/PapanImpianku. 

“Salah satu pengalaman yang bermakna. Pengalaman yang seperti ini saya sangat sukai karena kita dibekali ilmu yang kita tidak tahu dan sibutuhkan. Yang saya pikirkan adalah bagaimana saya menerapkan point-point penting GRIT untuk masa depan. Semoga dengan GRIT saya dapatmeningkatkan cara saya berorganisasi dan cara saya menjalankan hidup saya”, ungkap Mashall.

Perasaan saya setelah mengikuti webinar ini adalah lebih memotivasi saya untuk meningkatkan effort saya untuk berorganisasi maupun diri saya untuk membangun plan untuk kedepannya, menguatkan passion dalam diri sendiri dan menguatkan support system untuk diri sendiri”, ungkap Maha.

“Setelah mendapatkan materi tentang GRIT, saya sebagai anggota OSIS mempunyai keinginan untukmemperbaiki diri dan mengerti pada diri sendiri terhadap lingkungan sekitar dan juga saya menjadi lebihpercaya diri untuk memberikan ide kedepannya dan berkomunikasi  kepada sekitar. Saya merasa senangkarena mendapatkan materi baru pada hari ini dan untuk kedepannya saya ingin lebih percaya diri danjuga bisa memberikan ide positif kepada sekitar saya”, ungkap Anindya.

 

Mayoritas pengurus OSIS merasa bahwa materi tentang GRIT ini sangat penting bagi mereka untukmengembangkan passion, talenta, dan bakatnya sehingga dapat menerapkan GRIT tersebut untuk dirinya serta untuk kemajuan OSIS SMKN 11 Semarang tercinta.

Penulis : Diyarko, Guru SMKN 11 Semarang.

Editor   : Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah.