Nuzulul Quran SMAN 3 Semarang: Upaya Ciptakan Generasi yang Cerdas Secara Emosional, Intelektual, dan  Spiritual

 Jumat, 14 April 2023 merupakan hari yang mulia bertepatan dengan hari ke 23 pelaksanaan ibadah puasa Ramadan. Pada hari tersebut, ROHIS SMAN 3 Semarang mengadakan kegiatan Peringatan Nuzulul Quran sebagai puncak rangkaian kegiatan Ramadan 1444 H. Berlokasi di Masjid Ahlul Jannah SMA Negeri 3 Semarang dilaksanakan pengajian Nuzulul Qur’an dengan mengundang Ustadz KH. Hhamami, S.Ag. M. M.,  dosen Polines Semarang dan pengurus Pondok Pesantren Al-Mutazam Semarang.

Acara dilaksanakan mulai dari jam 7.30 WIB dimulai dengan penampilan tim rebana SMA Negeri 3 Semarang. Setelah doa dilanjutkan dengan Sambutan dari Kepala SMA Negeri 3 Semarang yaitu Drs. Yuwana, M.Kom. Beliau menyampaikan secara singkat tujuan acara. “Dengan rangkaian kegiatan Ramadhan ini sekolah berupaya membentuk karakter siswa sehingga menjadi siswa yang cerdas secara emosional, intelektual dan spiritual.” Acara pengajian juga dihadiri oleh Pengawas PAI Kota Semarang, Drs. Moh Faojin, M.Pd. M.SI. 

Rangkaian acara lainnya adalah pengumuman pemenang lomba Ramadan Festival tahun 2023 SMA Negeri 3 Semarang; Lomba Tartil, Lomba Cerita Islami, Lomba FashionDay, dan Lomba Adzan. 

Dipuncak acara, Ustadz  KH. Khamami, S.Ag. M. M., menyejukkan suasana yang panas itu dengan siraman ayat-ayat Quran yang mampu melarutkan para hadirin yang terdiri dari siswa, guru, dan karyawan, dalam suasana yang khusyuk.  “Marilah kita semua, khususnya para siswa mencintai Al Quran,  yang diturunkan Allah Al Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW di malam Lailatul Qadar. Dengan Al Quran  kita akan  selalu berada di jalan Allah. Semakin cinta Alquran semakin serius kita belajar, semakin cinta kepada kedua orangtua”, tutur Ustadz Khamami.

Kegiatan berlangsung dengan kondusif hingga akhir menjelang shalat Jumat jam 11.40 dan ditutup dengan doa yang sangat menyentuh hati oleh Ustads Khamami.

Penulis : Safira & arief Tim Publikasi SMAN 3 Semarang.

Editor   : Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah.