Sambut Hari Kemenangan dengan Pesantren Ramadan

Tidak terasa, Ramadan tahun ini akan berakhir. Hari kemenangan, sudah di depan mata. Banyak sekali kegiatan bermanfaat yang bisa dilakukan oleh umat muslim di saat bulan Ramadhan. Ya, salah satunya adalah pesantren Ramadan. Kegiatan tersebut menjadi salah satu kegiatan rutin yang banyak diterapkan di sekolah-sekolah saat bulan Ramadan. Siswa diberikan pengetahuan melalui agama dan mampraktikan ibadah secara bersama-sama guna memperoleh pahala melimpah di bulan suci.

Pesantren Ramadan merupakan salah satu proker tahunan SMAHA yang digawangi oleh Rohis. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada Jumat (14 April 2023) untuk kelas XI dan Senin (17 April 2023) untuk krlas X. Di tahun ini, kegiatan pesantren Ramadan dilakukan secara full offline setelah dua tahun belakangan dilaksanakan secara hybird karena pandemi.

Siswa mengikuti Pesantren Ramadan mulai dari pukul 08.00-20.30 WIB. Banyak sekali rancangan kegiatan yang diikuti siswa, antara lain tilawah, khataman, kajian, sholat wajib berjamaah, buka bersama, sholat tarawih, dan games. Melalui kegiatan ini diharapkan siswa/siswi SMAHA menjadi lebih paham mengenai ilmu agama serta mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Sesuai dengan tema kegiatan yaitu “Gelar Kebahagiaan di Bulan Istimewa dengan Seribu Kebaikan”, Ustadz Imron Hamzah hadir sebagai pendakwah di sesi kajian senja. Beliau membuka kajian dengan membaca doa memohon ilmu yang diberkati.

Ustadz Imron mengajak seluruh peserta kajian untuk merenungkan Bagaimana jika ini Ramadan terakhir kita? Beliau mengajak hadirin untuk banyak berbuat kebaikan di bulan yang penuh berkah ini. Selain itu, Ustadz Imron juga menjelaskan ada 3 syarat amal shaleh diterima yaitu iklhas, sesuai tuntunan Rasulullah, dan bersungguh-sungguh.

Setelah kajian senja selesai, kegiatan dilanjutkan dengan buka bersama, sholat maghrib, dan sholat isya berjamaah. Kegiatan ditutup dengan pembagian doorprize dari panitia Rohis.

Penulis : Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah.