Projek Sosial OSIS SMKN 11 Semarang Mencari Berkah Ramadhan

Jumat, 14 April 2023,  para calon pengurus OSIS SMKN 11 Semarang melakukan kegiatan projek sosial mencari berkah ramadhan. Kata berkah atau berkat secara pasif dimaknai sebagai sesuatu yang diperoleh, namun dalam arti aktif adalah bertambahnya kebaikan. Bersyukur pengurus OSIS SMKN 11 Semarang memiliki cara pandang yang lebih bertumbuh, terbukti mereka memaknai mencari berkah di bulan ramadhan sebagai bentuk kegiatan positif yang menambah kebaikan. Mereka bersepakat untuk melakukan projek sosial berupa bagi-bagi takjil gratis pada bulan ramadhan. Kegiatan ini didasari atas niat dari para calon anggota OSIS yang dengan ikhlas membagikan sedikit rejekinya bagi orang membutuhkan. Sebuah pemaknaan yang luar biasa terhadap kata “mencari berkah.” Mereka memberikan rezeki berupa makanan yaitu nasi kuning lalu membagikan di area Tembalang, Pasar Jati, Bumi Rejo dan Mulawarman. Kegiatan bagi takjil gratis ini merupakan program kerja pertama mereka sebagai calon anggota Pengurus OSIS yang baru.

Saat ini mereka sedang melaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) hingga berakhir sampai Bulan Agustus mendatang.  Projek sosial juga salah satu implementasi  latihan dasar kepemimpinan. LDK bukan teoretis, namun justru menerapkan ide-ide yang aplikatif agar tercipta keseimbangan antara olah pikir, olah rasa dan olah laku. Projek sosial yang dilakukan secara bersama-sama ini merupakan bagian untuk melatih kolaborasi. Hal ini sesuai dengan pesan Kepala Sekolah, Drs. Luluk Wibowo, S.ST., M.T. kepada pengurus OSIS yang menyampaikan bahwa OSIS merupakan wadah untuk berorganisasi. OSIS bukan sekedar organisasi tempat berkumpulnya pengurus, namun OSIS harus mampu memberikan kebermanfaatan terhadap sekolah maupun masyarakat.

Para pengurus OSIS memiliki modal kurang lebih Rp250.000,- dan dengan memanfaatkan berbagai alat yang ada, mereka membagi menjadi 2 tim yaitu tim 1 yang merupakan bagian produksi untuk membuat nasi kuning, telur dan orak arik tempe, serta membawa alat seperti baskom, wajan dan lainnya. Kemudian tim 2 membagikan takjil di area yang sudah ditentukan. Setiap pengurus OSIS memiliki perannya masing-masing. Mereka sangat bangga, karena program kerja ini merupakan program yang pertama sebagai calon pengurus OSIS SMK N 11 Semarang. “Mereka merasa senang dengan takjil yang kami bagikan, kami pun juga merasa sangat bahagia melihat mereka yang membutuhkan menerima takjil yang kami buat,” ungkap salah satu pengurus OSIS. Sedangkan Marshal, ketua OSIS, berkata, “Kita memperoleh banyak pelajaran dan pengalaman pada sore hari ini, kita yang harus selalu bersyukur atas apa yang Tuhan berikan kepada kita dan juga kami belajar atas penting nya kerjasama dalam program OSIS serta membangun kebersamaan. Dengan melaksanakan berbagai program kerja yang kami siapkan ke depannya, kami yakin kita pasti akan lebih belajar untuk menghandle suatu kegiatan dengan baik.” Sederhana cara mereka mencari keberkahan di bulan Ramadhan. Berharap kegiatan serupa akan dilakukan secara rutin tidak hanya di bulan Ramadhan.

 

Penulis            : Okta Rizky Kelas  X DKV 4 dan Diyarko, SMKN 11 Semarang

Editor              : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang