Hardiknas SMAN 5 Semarang: Meneguhkan Kembali Semangat Merdeka Belajar

Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas diperingati setiap tahunnya pada 2 Mei. Hardiknas tahun ini diperingati di Lapangan SMAN 5 Semarang tanggal 2 Mei dengan tema “Hardiknas: Meneguhkan Kembali Semangat Merdeka Belajar SMAN 5 Semarang.” Dalam upacara tersebut, naskah pidato Hardiknas dibacakan oleh Kepala Sekolah SMAN 5 Semarang, Bapak Soleh. Acara peringatan ini dihadiri oleh para guru, staf dan siswa sekolah SMAN 5 Semarang. Peringatan Hardiknas tahun ini diharapkan dapat memotivasi siswa dan masyarakat Indonesia untuk semakin menghargai pendidikan dan terus bersemangat dalam belajar. Semangat Merdeka Belajar harus terus ditegakkan agar pendidikan di Indonesia semakin berkualitas dan menghasilkan generasi yang cerdas, mandiri dan kreatif.

Pidato tersebut disambut antusias oleh siswa dan siswi SMAN 5 Semarang, khususnya oleh siswa yang mendapatkan penghargaan atas prestasinya. Salah satu siswa yang mendapatkan penghargaan adalah Elgin Zenobia Rahman, dari kelas XI IPA 1. Bedasarkan pengalamannya meraih sebuah prestasi, banyak sekali yang harus dikorbankan, seperti waktu, rasa lelah, mengejar ketertinggalan pelajaran karena mengikuti pertandingan dan lain-lain. Ia percaya bahwa semua pengorbanan yang dilakukan untuk mencapai suatu kesuksesan tidak lah sia-sia, akan ada hasil di setiap usaha yang diiringi doa. “Saya ingin mengatakan kepada teman-teman, untuk kalian yang sedang berjuang, kalian hebat sudah bertahan hingga saat ini. Rasa lelah pasti ada, istirahatlah kalau perlu, tapi jangan berhenti. Tidak ada usaha yang sia-sia, pasti akan membuahkan hasil, semangat ya!” kata siswa kelas XI IPA 1 yang berhasil meraih kejuaraan Internasional Sepatu Roda Antar Club Seluruh Indonesia Piala Bupati Sidoarjo ke XIV 10-12 Februari 2023. Elgin Zenobia Rahman merasa sangat terinspirasi oleh pidato Hardiknas tersebut. Menurutnya, semangat Merdeka Belajar sangat penting untuk ditanamkan dalam diri setiap siswa. “Saya merasa terpacu untuk terus belajar dan berprestasi, tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk negara,” imbuhnya.

Sementara itu, Rajasyah, siswa kelas XI IPA 9 lainnya, juga mengapresiasi pidato Hardiknas yang disampaikan oleh kepala sekolah. Menurutnya, semangat Merdeka Belajar harus menjadi landasan bagi setiap siswa untuk mencapai cita-citanya. “Kita harus belajar dengan sungguh-sungguh agar kita bisa berkontribusi bagi bangsa dan negara,” katanya. Kepala Sekolah SMAN 5 Semarang, Bapak Soleh, berharap pidato Hardiknas tersebut dapat menginspirasi siswa dan siswi SMAN 5 Semarang untuk terus semangat dalam belajar. “Semoga dengan semangat Merdeka Belajar, para siswa dapat mempersiapkan diri untuk menjadi generasi yang berkualitas, mampu bersaing di tingkat global dan anak bangsa generasi kita yang akan menggantikan sosok para guru di tahun 2045 yang akan datang nanti,” ucapnya. Semoga semangat Merdeka Belajar terus tumbuh dan berkembang dalam diri setiap pelajar Indonesia.

 

Penulis : Agus Tinus, S.Pd., Guru SMAN 5 Semarang

Editor   : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang