Lomba Sinopsis Pesantren Ramadan SMAN 1 Bringin 2023

SMA N 1 Bringin mengadakan pesantren Ramadan. Kegiatan tersebut  dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada tanggal 12 dan 13 April 2023 dengan mengangkat tema “Menuai Berkah Ramadhan (MENARA)”. Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas X dan XI dengan sangat antusias. Berbagai lomba ikut serta memeriahkan acara tersebut. Tak hanya lomba tentang keagamaan, siswa dapat mengekspresikan bakat menulisnya melalui lomba sinopsis yang diselenggarakan oleh panitia pesantren ramadhan SMAN 1 Bringin. 

Lomba sinopsis tersebut diikuti oleh perwakilan tiap siswa kelas X dan XI SMAN 1 Bringin. Waktu yang diberikan yaitu satu jam untuk membaca ulang novel dan satu jam berikutnya siswa menulis sinopsis dari novel yang sudah dibaca. Acara dilaksanakan disalah satu ruang kelas XII dengan penanggung jawab panitia dan tiga guru sebagai juri. Lomba sinopsis ini juga menjadi wadah unjuk bakat siswa dalam bidang bahasa. 

Setelah kegiatan lomba selama dua hari selesai, tibalah pengumuman juara yang  dilaksanakan di Gedung Serba Guna (GSG) SMAN 1 Bringin pada hari terakhir pesantren ramadhan. Peraih juara pertama lomba sinopsis yaitu Devita Anggraeni dari kelas X6, juara kedua diraih oleh Ramadhan Nur Alim dari kelas XI MIPA 1, dan juara tiga diraih oleh Anisa Nur Rahmania dari kelas X8. Para peserta lomba sinopsis memiliki karakter penulisan yang berbeda beda. Namun dalam sebuah perlombaan pasti ada kriteria yang harus dipenuhi. Diharapkan siswa yang belum menunjukkan bakat menulisnya bisa ikut serta dalam lomba sinopsis berikutnya.

Penulis : Maulida Mina, S.Pd., Guru SMAN 1 Bringin.

Editor   : Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah.