Dinamika Kelompok: Ajang Kreativitas, Gotong-Royong & Kerjasama Anggota Kelompok

Bringin, 9 Mei 2023, hari kedua Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan Tema Kewirausahaan, diisi dengan kegiatan Dinamika Kelompok yang didampingi oleh Bapak-Ibu Guru PPL PPG Unnes Tahap 2 Tahun 2023. Dinamika kelompok dimulai dengan ice breaking yang dipimpin oleh Ibu Dwi Astuti, S.Pd. selaku sie acara. Ibu Dwi Astuti memberikan ice breaking joget musik kekinian yang menambah antusias dan semangat siswa-siswi SMAN 1 Bringin. Setelah ice breaking selesai dilanjutkan dengan beberapa permainan. Permainan pertama, setiap kelompok siswa dari masing-masing kelas diberikan selembar kertas dan mereka ditantang bagaimana caranya satu kertas itu bisa muat dipakai oleh satu kelompok yang terdiri dari enam orang, permainan ini bertujuan untuk melatih kreatif, gotong-royong dan kerjaama di antara anggota kelompok. Berbagai teknik dan upaya dilakukan oleh setiap kelompok agar berhasil menyelesaikan tantangan ini. Menit demi menit berjalan, beberapa kelompok berhasil menyelesaikan permainan dengan berbagai trik dan cara yang mereka dapatkan.

Permainan selanjutnya yaitu menara balon, setiap anggota kelompok saling bekerjasama satu sama lain untuk memindahkn gelas kertas yang telah disediakan, dengan menggunakan balon karet yang ditiup di dalam gelas, kemudian membawa gelas dengan keadaan balon menggembung, berpindah dari satu meja ke meja yang lain, dan kertas gelas tadi disusun sehingga membentuk sebuah menara gelas. Tim yang tercepat dalam menyusun menara gelas menjadi pemenangnya. Setelah beberapa menit berjalan hingga akhirnya babak semi-final diperoleh juara I dari kelas X6 yang menjadi pemenang lomba susun menara gelas.

Permainan selanjutnya yaitu memindahkan bola dengan menggunakan cup gelas plastik yang diikat di dahi kepala. Permainan ini juga membutuhkan kerjasama tim yang bagus agar bisa mencapai tujuan akhir yaitu memindahkan isi bola dalam cup gelas plastik di kepala, berpindah dari satu anggota ke anggota lain hingga finishnya ke dalam cup gelas plastik terakhir di atas meja. Permainan ini sangat membutuhkan kepercayaan, kerjsama dan gotong-royong sesama anggota tim. Permainan berlangsung sangat seru hingga akhirnya menuju ke babak semi-final dan juara I dimenangkan oleh kelas X5. Dalam kesempatan ini Bapak/Ibu Guru Panita P5 juga bertanding melawan Bapak/Ibu Guru PPL PPG Unnes dan dimenangkan oleh tim Bapak/Ibu Guru Panitia P5. Besar harapan dari adanya kegiatan dinamika kelompok ini, siswa-siswi SMAN 1 Bringin dapat belajar banyak hal tentang kerjasama, gotong-royong dan kreativitas dalam kelompok.

 

Penulis : Meilita Nindyasari, S.Pd., Guru SMAN 1 Bringin

Editor   : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang