SMA Negeri 16 Semarang Sambut Mahasiswa PPL PPG Prajabatan Gelombang 2

Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan merupakan program yang diselenggarakan oleh Kemendikbud Ristek Republik Indonesia. Dalam mengikuti program PPG, mahasiswa harus mengikuti serangkaian mata kuliah yang telah disajikan salah satunya adalah PPL 1 dan PPL 2. Pelaksanaan PPL 1 yang sudah ditempuh pada semester 1 dan PPL 2 ditempuh pada semester 2. Penerjunan PPL kali ini merupakan mahasiswa PPG Prajabatan gelombang 2 yang mendapat lokasi sekolah praktik di SMA Negeri 16 Semarang.

Kepala SMA Negeri 16 Semarang menyambut 16 mahasiswa PPL PPG Prajabatan gelombang 2 dari Universitas Negeri Semarang pada Selasa, 16 Mei 2023 pukul 08.00 – 09.00 WIB di SMA Negeri 16 Semarang. Acara penerjunan secara seremonial dilaksanakan di Lab Biologi SMA Negeri 16 Semarang. Kegiatan penerjunan mahasiswa PPL 2 PPG prajabatan dihadiri oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 16 Semarang yaitu Sri Wahyuni, S.Pd.,M.Pd, dosen koordinator PPL 2 yaitu Dr. Siti Wahyuni, M.Sc, koordinator guru pamong yaitu Subchan, S.Pd, bapak ibu guru pamong dari empat pengampu mata pelajaran. Dalam acara penerjunan PPL 2 PPG Prajabatan gelombang 2 dari UNNES kedatangan 16 mahasiswa diantaranya adalah 4 jurusan fisika, 4 jurusan geografi, 4 jurusan ekonomi.

Koordinator dosen pembimbing, Dr. Siti Wahyuni, M.Sc resmi menerjunkan 16 mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 2 sekaligus menyampaikan bahwa mahasiswa PPL 2 PPG Prajabatan harus menempuh serangkaian tahapan PPL yang sudah disampaikan oleh LP3 UNNES yaitu observasi, praktek pembelajaran terbimbing, praktek pembelajaran mandiri, dan membuat PTK (Penelitian Tindakan Kelas) secara kolaboratif bersama guru pamong. Seluruh mahasiswa PPL 2 PPG Prajabatan UNNES harus terlibat dalam semua acara yang ada di SMA Negeri 16 Semarang. Sehingga kewajiban mahasiswa PPL tidak hanya mengajar tetapi ada kegiatan non mengajar yang harus dipenuhi.

Kemudian, Kepala SMA Negeri 16 Semarang resmi menerima mahasiswa PPL 2 PPG Prajabatan UNNES. Kepala sekolah SMA Negeri 16 Semarang menyambut dengan baik mahasiswa PPL 2 PPG Prajabatan UNNES. Beliau memaparkan bahwa seluruh mahasiswa harus aktif untuk belajar tentang manajemen pembelajaran dan manajemen sekolah.

Penulis : Khusnul Fadlyani, S.Pd (Mahasiswa PPG Prajabatan UNNES Gelombang 1).

Editor : Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah.