EneRC UNNES Goes to Senior High School 12 Semarang

Jumat, 26 Mei 2023, bekerjasama dengan mahasiswa Fakultas Teknik UNNES, SMAN 12 Semarang menyelenggarakan kegiatan EneRC (Engineering Research Club) Goes to School. Kegiatan ini berbentuk seminar yang mengusung tema “Bersama Wujudkan Mimpi dengan Tekat yang Tinggi.” Seminar ini dihadiri oleh beberapa ekstrakurikuler yang terdapat di SMAN 12 Semarang yaitu Canopy (Jurnalistik), JCC (Japan Coversation Club) dan PG (Peer Guidance). Acara yang dimulai pada pukul 13.00 WIB, di Gedung Utama Lantai 2 SMAN 12 Semarang tersebut dibuka dengan berdoa kemudian dilanjutkan dengan pemberian sambutan dari ketua, ketua panitia event EneRC Goes to School 2023 dan Wakil Kepala Sekolah bidang HUMAS yaitu Ibu Yekti Wikani, M.Pd. Dalam sambutannya, Kepala SMAN 12 Semarang berpesan agar peserta didik mengikuti kegiatan hari ini dengan sungguh-sungguh, diharapkan dapat memberikan dorongan semangat, motivasi dalam menjalankan tugas utama sebagai siswa yaitu belajar dan juga aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler. Ucapan terima kasih disampaikan kepada para mahasiswa Fakultas Teknik UNNES yang telah berbagi pengalaman kepada siswa SMAN 12 Semarang.

EneRC Goes to School mengundang dua narasumber yaitu Annisa Wanda Liana dan Amadea Vakallya. Narasumber pertama yaitu Annisa Wanda Liana, atau yang kerap disapa Kak Wanda, merupakan mahasiswa Teknik Kimia UNNES angkatan 2020. Ia pernah menjadi duta UNNES pada tahun 2023 dan menjadi finalis Denok Kenang 2023 Kota Semarang. Tak hanya itu, Kak Wanda juga merupakan mahasiswi berprestasi yang aktif di berbagai organisasi dan juga telah menjuarai berbagai kompetisi bergengsi. Topik yang dibawakan Kak Wanda yaitu mengenai tips and trik memasuki PTN (Perguruan Tinggi Negeri). Kak Wanda menjelaskan mengenai hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan untuk memasuki PTN, jalur-jalur untuk masuk PTN, dan poin plus yang harus dimiliki siswa untuk dapat lolos seleksi masuk PTN. Bahkan Kak Wanda juga menceritakan kehidupannya sebagai mahasiswa, dan kiat-kiat yang dimilikinya sehingga dapat masuk PTN melalui seleksi SNMPTN (sekarang SNBP).

Narasumber yang kedua adalah Kak Amadea Vakallya, yang kerap disapa Kak Kallya. Kak Kallya juga merupakan mahasiswi Teknik Kimia UNNES 2020. Kak Kallya merupakan salah satu penerima beasiswa Djarum Plus. Ia juga merupakan ketua dari SMARTTRONS, yaitu organisasi yang berkegiatan membuat mobil hemat energi. Topik yang dibawa Kak Kallya pun tak kalah menarik, yaitu mengenai dinamika abad ke-21 dan hal-hal yang perlu dipersiapkan agar dapat beradaptasi dalam era ini. Kak Kallya menjelaskan bahwa sebagai anak muda, kita harus inovatif, kreatif dan adaptif agar dapat bersaing dalam dinamika abad ke-21. Ia juga menjelaskan mengenai kegiatan yang dilakukannya sebagai penerima beasiswa Djarum Plus. Bahkan Kak Kallya juga memberikan berbagai informasi mengenai beasiswa-beasiswa lain di perkuliahan. Kegiatan EneRC Goes to School di SMAN 12 Semarang berjalan dengan lancar dan bermakna. Para peserta yang hadir pun cukup aktif, bahkan ada beberapa peserta yang mendapatkan hadiah karena keaktifannya. Peserta mengikuti kegiatan ini dengan riang dan antusias, terutama ketika sesi ice breaking berlangsung.

 

Penulis             : Sarah Nurul Aini, Divisi Jurnalistik (Ekstra Canopy)

Editor 1           : Yekti Wikani, M.Pd., Humas SMAN 12 Semarang

Editor 2           : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang