Peluncuran Website Organisasi MGMP Sejarah Kota Semarang

MGMP Sejarah SMA Kota Semarang secara resmi meluncurkan website organisasi mgmpsejarahsmg.or.id. Kegiatan tersebut berlangsung pada hari Kamis, 8 Juni 2023 di Aula SMAN 1 Semarang. Pengurus MGMP Sejarah Kota Semarang sepakat bahwa pengembangan website organanisasi sebagai sebuah hal penting sebagai media informasi baik bagi guru sejarah maupun masyarakat umum. Bapak Dr. Kusno, S.Pd., M.Si., selaku pembina menjelaskan bahwa guru saat ini harus bisa beradaptasi dan berinovasi. Kepenguruasn baru tahun pelajaran 2023-2024 memberikan inovasi pengembangan website organisasi sebagai langkah positif. Bapak Kusno meminta tidak hanya pengembangan website, kedepan diharapkan muncul inovasi-inovasi lain dari MGMP dalam rangka memperlihatkan eksistensi MGMP Sejarah Kota Semarang.

Bapak Khoiri selaku ketua MGMP dalam sambutannya mendorong guru – guru untuk ikut aktif dalam mengembangkan website organisasi. Dalam paparannya, website organisasi MGMP Sejarah Kota Semarang dapat dijadikan tempat berkreasi dan menuangkan ide-ide guru sejara Kota Semarang. Harapannya tidak hanya website, guru – guru yang memiliki inovasi lain seperti pengembangan video pembelajaran dapat dikembangkan untuk meramaikan karya dari MGMP Sejarah Kota Semarang. 

 Bapak Ardiansyah dari SMAN 13 Semarang selaku pengembang web menjelaskan bahwa web mgmpsejarahsmg.or.id dikembangkan dalam rangka sebagai salah satu inovasi dalam publikasi kegiatan, materi, dan ide guru. Website menjadi penting kaitannya dengan dokumentasi kegiatan. Banyak kegiatan MGMP yang perlu didokumentasikan agar pihak luar mengetahui keaktifan dari MGMP Sejarah Kota Semarang. 

Bapak Wiyanto guru sejarah SMA Karangturi mengapresiasi perkembangan MGMP terhadap penyesuaian perkembangan zaman dengan adanya web organisasi. Bapak Wiyanto menambahkan bahwa partisipasi anggota MGMP dapat menambah perbendaharaan artikel di website serta menanyakan bagaimana alur untuk melakukan publikasi di web MGMP. Pada akhir sesi pertemuan MGMP, diakhiri dengan kesepakatan antara pengurus dan anggota untuk membuat proyek pengembangan modul ajar yang dikembangkan oleh guru – guru MGMP Sejarah SMA Kota Semarang. Semangat berinovasi, MGMP Sejarah Kota Semarang go digital.

Penulis : Rahmad Ardiansyah, S.Pd., Guru SMAN 13 Semarang.

Editor   : Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah.

pastedGraphic_1.pngpastedGraphic_2.pngpastedGraphic_3.pngpastedGraphic_4.png