“Muspida Road to School” di SMAN 1 Bringin sebagai Program Andal Kapolres Semarang

Berdasarkan Rujukan: a. Undang-Undang No.2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia; b. Program Quick Wins Kapolri “Presisi”. Dalam rangka pelaksanaan salah satu Program ANDAL Kapolres Semarang, Polres Semarang membuat kegiatan ”Muspida Road to School” sebagai bentuk memberikan motivasi dan wawasan kebangsaan terhadap pelajar di wilayah Kabupaten Semarang. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk menjadi Pembina Upacara dalam kegiatan Upacara pengibaran bendera pada hari Senin tanggal 12 Juni 2023 pukul 07.00 Wib di beberapa SMA sederajat wilayah Kabupaten Semarang, salah satunya di SMA Negeri 1 Bringin. Untuk kelancaran kegiatan upacara, beberapa pejabat daerah di Kabupaten Semarang berkoordinasi dengan IPTU M. Aditya Perdana, S.TK., S.I.K. (Kasat Res Narkoba Polres Semarang). 

Adapun daftar nama pejabat pembina upacara di SMA Sederajat di wilayah Kab. Semarang termasuk salah satunya di SMA Negeri 1 Bringin antara lain: 1. Bupati Kab. Semarang; 2. Dandim 0714 Salatiga; 3. Kepala Kejaksaan Negeri Kab. Semarang; 4. Ketua Pengadilan Negeri Kab. Semarang; 5. Ketua Pengadilan Agama Kab. Semarang; 6. Ketua DPRD Kab. Semarang; 7. Wakil Bupati Kab. Semarang, dimana pejabat-pejabat pembina ini akan ditempatkan di masing-masing Satuan Pendidikan SMA/SMK yang ada di Kabupaten Semarang. Untuk SMAN 1 Bringin dalam upacara pagi ini akan dipimpin oleh Inspektur Ketua Pengadilan Negeri Kab. Semarang dengan Pendamping dalam upacara yaitu: 1. Sekda Kab. Semarang; 2. Kasat Intel Polres Semarang; kemudian dibantu dengan Penghubung (LO) yaitu: Kapolsek Bringin dan Kanit Binmas Bringin.

Adapun pointers yang disampaikan dalam upacara ke siswa-siswi SMAN 1 Bringin, atas amanat dari Kapolres Semarang selama pelaksanaan Kegiatan Polres Semarang “Muspida Road to School” di SMA Sederajat wilayah Kab. Semarang yang juga disampaikan di beberapa sekolah di Kabupaten Semrang antara lain: SMAN 1 Suruh, SMAN 1 Pabelan, SMAN 1 Tuntang, SMAN 1 Getasan, SMK Sudirman Ambarawa, SMKN 1 Tengaran, SMAN 1 Bringin, SMA Islam Sudirman Ambarawa. Adapun undangan yang hadir yaitu Kepala Sekolah SMA Sederajat wilayah Kab. Semarang, Kapolsek wilayah Polres Semarang, Guru dan Staf Sekolah SMA Sederajat wilayah Kab. Semarang dan para siswa sekolah SMA Sederajat wilayah Kab. Semarang. Pointers dalam Pembina Upacara Pengibaran Bendera hari Senin tanggal 12 Juni

2023 di SMA Sederajat wilayah Kab. Semarang antara lain: a) ucapan syukur; b) upacara bendera ini penting untuk kita laksanakan sebagai wujud pembinaan disiplin, pembentukan karakter dan memupuk rasa cinta tanah air dan mengingatkan kita pada semangat perjuangan para pahlawan pendahulu bangsa agar siswa tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik, dan menjadi generasi muda yang unggulan; c) saya atas nama muspida kab.semarang memberikan penekanan kepada seluruh siswa dalam pelaksanaan belajar, niatkan sebagai ibadah, berlatih menerapkan disiplin serta memiliki motivasi yang kuat untuk meraih prestasi di sekolah; d) jauhi segala bentuk pelanggaran, baik pelanggaran lalu lintas, tindak pidana kriminalitas, dan penyalahgunaan narkoba; e) penutup.

Penulis : Meilita Nindyasari, S.Pd., Guru SMA Negeri 1 Bringin.

Editor   : Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah.