Siswa SMKN 10 Semarang Ikuti Pelatihan Kompetensi Welder Bidang Kemaritiman PT BKI (Persero)

Pelatihan kompetensi welder digelar di SMKN 10 Semarang pada minggu ke-empat bulan Mei 2023. Pelatihan Kompetensi Welder ini merupakan kegiatan pelatihan pengelasan untuk mendapatkan kompetensi welder (juru las) di bidang kemaritiman Bantuan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Non UMK PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero). Pelatihan ini diikuti oleh 34 siswa dari Kompetensi Keahlian Konstruksi Kapal Baja (KKB) SMKN 10 Semarang. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa SMK di dunia kerja sekaligus sebagai bukti bahwa hasil pekerjaan siswa SMK yang telah mengikuti kegiatan tersebut telah memenuhi standar kualitas dan keamanan yang tinggi.

Rangkaian kegiatan pelatihan dimulai dengan persiapan kegiatan pada hari Senin (22/5) yang dilanjutkan pembukaan pelatihan kompetensi welder, pemaparan materi, praktikum pengelasan material uji oleh PT. BKI (Persero), serta pelaksanaan Ujian Sertifikasi Las BKI pada tanggal 23-26 Mei 2023.

Pembukaan pelatihan kompetensi welder ini turut dihadiri Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I Semarang yang diwakili oleh Pengawas Pembina Cabang Pendidikan Wilayah I Semarang Bapak Handoyo Edi Hartomo, Kepala SMK Negeri 10 Semarang Bapak Ardan Sirodjuddin, Kepala Cabang Pratama Klas BKI Semarang Bapak Aprianto, serta Kepala Unit TJSL BKI Bapak Rudy Sunaryadi.

Salah satu program prioritas Kemendikbud adalah gerakan “Pernikahan Massal” antara pendidikan vokasi dengan dunia industri dan dunia kerja. Dilansir pada laman gtkdikmendiksus.kemdikbud.go.id, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengungkapkan bahwa vokasi baru akan lengkap dengan kehadiran praktisi dan kurikulum yang mengikuti kebutuhan dari industri. Kepala SMKN 10 Semarang, Bapak Ardan Sirodjuddin mengapresiasi kegiatan pelatihan dan sertifikasi kompetensi oleh PT BKI (Persero) ini telah terlaksana dengan baik karena tujuan sekolah untuk pernikahan massal (link and match) dengan dunia industri bisa terwujud.

Penulis : Husna Amalana, M.Pd., Guru Mapel IPAS SMKN 1O Semarang

Editor  : Humas SMKN 10 Semarang