Meningkatkan Jiwa Sportif melalui Class Meeting

SMK Pelayaran Wira Samudera telah menyelesaikan Penilaian Asesmen Sumatif Akhir Tahun,  seperti biasa staff Batalyon “Amerta Wira Brata” kembali mengadakan class meeting. Kegiatan ini dilaksanakan di plaza nusantara SMK Pelayaran Wira Samudera Semarang. Class meeting merupakan kegiatan perlombaan antar kelas yang diadakan setelah penilaian akhir tahun guna sebagai waktu rileks bagi para peserta didik. Tujuan dalam pelaksanaan class meeting ini yaitu mempererat kekeluargaan dan silaturahmi warga sekolah, terutama taruna, dan juga melepas penat usai pembelajaran selama 1 semester. 

Terlihat pagi begitu cerah. Taruna dengan berbaju olahraganya meramaikan suasana plaza SMK Pelayaran Wira Samudera. Beberapa bertanding, dan yang lain menjadi suporter. Sesekeli jerit dan tawa terdengar. Suasana semakin diramaikan pambawa acara yang selalu memberikan komentar tentang pertandingan yang berlangsung melalui pengeras suara. Benar saja, setelah hari-hari disibukkan dengan Penilaian Akhir Tahun, remidi dan pengayaan. Sudah saatnya taruna menghilangkan kepenatan dengan melaksanakan acara class meeting atau pertandingan antar kelas. Class meeting di akhir tahun ini diikuti oleh siswa kelas sepuluh dan sebelas. Class meeting ini salah satu kegiatan yang dinanti peserta didik, karena denganclass meeting peserta didik dapat; bermain bersama,  tertawa bersama, menjadi supporter bersama, dan akhirnya menerima dengan gembira dan lapang dada dengan segala hasil pertandingan yang diperoleh. 

Class meeting diadakan selama dua hari. Hari pertama pada (15/06/2023), kegiatan pada class meeting hari pertama diisi dengan berbagai lomba seperti  estafet karet, makan biskuit, tebak kata, memasukan pensil dalam botol, sentil koin. Sedangkan di hari kedua (16/06/2023) kegiatan pada class meeting diawali dengan balap ceting, di lanjutkkan dengan joget balon, dan diakhiri dengan lomba estafet air.

Seluruh taruna SMK Pelayaran Wira Samudera tampak antusias dalam kegiatan class meeting ini. Mereka terlihat kompak dalam mengikuti segala rangkaian kegiatan class meeting yang dilangsungkan selama dua hari ini. “Semua lombanya menarik dan asyik, kita harus kompak agar menang,” tutur Ilham, salah satu taruna kelas X TKN. Sebagai bentuk apresiasi, dari sekolah juga memberikan hadiah hiburan dan menarik, dari alat tulis, makanan ringan dan beasiswa juga.

Penulis: Karisma Sari Wulandari, S. Pd., Guru SMK Pelayaran Wira Samudera.