Akhirussanah & Khotmil Qur’an 2023 SMAZAM Bertabur Prestasi

Akhirussanah merupakan sebuah acara yang diselenggarakan setiap akhir tahun pelajaran di dunia pendidikan, khususnya di sekolah yang bernuansa Islam sebagai acara pelepasan siswa kelas akhir. SMA Multazam IBS Semarang menyelenggarakan acara Akhirussanah Angkatan V dan Khotmil Qur’an pada Sabtu, 3 Juni 2023. Bertempat di Aula Al Baroroh SMA Multazam IBS, acara ini diikuti oleh para wisudawan tahun 2022/2023 didampingi oleh kedua orang tua siswa. Hadir dalam acara ini Pengawas SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Pembina dan Ketua Yayasan Al Ikhsan Pesantren Multazam, Kepala SMP Multazam, Camat Banyumanik beserta jajaran, tokoh masyarakat Kelurahan Pudakpayung dan tamu undangan lainnya menyaksikan prosesi khotmil Qur’an, pelepasan siswa serta pemberian penghargaan. Acara ini diselenggarakan sebagai bentuk rasa syukur atas keberhasilan siswa-siswi dalam menyelesaikan pendidikan di Pondok Pesantren Multazam dan SMA Multazam IBS. Acara dipandu oleh Bapak Tri Sudaryono dan Ibu Noviana selaku pembawa acara (MC). Acara pembukaan diisi dengan prosesi khotmil Qur’an sebagai tanda siswa telah menuntaskan membaca Al-Qur’an 30 juz selama menempuh pendidikan di pesantren. Prosesi khotmil Qur’an ditutup dengan doa yang dipimpin oleh ananda Maulana Zidan Khafidz Khakiki yang juga merupakan siswa kelas 12. Acara kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, lagu Oh Pondokku dan Mars Multazam oleh tim paduan suara.

Maryani, S.Pd., selaku Kepala SMA Multazam IBS dalam sambutannya melaporkan siswa SMA Multazam IBS lulus 100% dan 60% di antaranya telah diterima pada seleksi prestasi perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta ternama. Tak lupa beliau menyampaikan rasa terima kasih kepada wali murid atas amanah yang dipercayakan pada sekolah. Kepada lulusan siswa kelas 12, beliau menyampaikan harapan agar santriwan santriwati lulusan Multazam ini akan menjadi contoh teladan di masyarakat. “Kualitas diri kalian tidak terlihat hanya di nilai dan kemampuan kognitif, tidak akan dihitung berapa banyak orang yang mengenal kalian, akan tetapi kualitas diri yang sejati adalah seberapa banyak orang di sekeliling kalian mendapatkan manfaat dari keberadaanmu. Maka jadilah orang yang bermanfaat dimanapun kalian berada,” pungkasnya. Acara kemudian dilanjutkan dengan prosesi wisuda SMA Multazam, pembacaan ikrar alumni dan tampilan persembahan dari para wisudawan dengan menyanyikan lagu dan menyerahkan bunga kepada Pembina Yayasan, Pengasuh serta Guru sebagai tanda terima kasih. Suasana haru seketika menyelimuti segenap wisudawan, hadirin dan tamu yang datang menyaksikan tampilan persembahan ini. Penampilan ditutup dengan menyanyikan lagu perpisahan untuk mengukir kenangan dalam kebersamaan yang terakhir kali di sekolah.

Pada kegiatan akhirussanah 2023 diberikan pula penghargaan untuk kategori lulusan terbaik berdasarkan nilai kelulusan yakni Riska Dwi Septiana Putri (rata-rata nilai 94,38) dari Peminatan MIPA. Di samping itu juga diberikan penghargaan untuk kategori lulusan terbaik berdasarkan capaian tahfidzul quran yakni Safira Diva Ariyana (30 Juz), Ahza Kalila Ramadhani (13 Juz) dan Riska Dwi Septiana Putri (10 Juz). Sederet prestasi non akademik juga berhasil diraih oleh wisudawan antara lain juara 1 lomba Rebana Klasik DINUSFEST Tingkat Nasional Tahun 2023 atas nama Handis Pramudio Ananta, Maulana Zidan Hafidz Khakiki dan Raditya Mahardian Affandy. Pada kejuaraan OSN Tingkat Provinsi secara berturut-turut tahun 2022 dan 2021 berhasil diraih oleh Zahra Anyq Adawiah dan Handis Pramudio Ananta pada cabang Kimia dan Informatika sebagai juara 2. Tak ketinggalan prestasi juara harapan 1 Pencak Silat Kelas I Tugu Muda Championship Tingkat Nasional Tahun 2022 diraih oleh Muhammad Lutfi Rhamadani. Kejuaraan lainnya diperoleh melalui lomba MTQ Tingkat Kecamatan Banyumanik Tahun 2021 yaitu juara 1 cabang Tahfidz diraih oleh Safira Diva Ariyana dan juara 2 cabang Tilawah diraih oleh Maulana Zidan Khafidz Khakiki. Prestasi juara 1 lomba Videografi Islami Tingkat Jawa Tengah Tahun 2020 diraih oleh Raditya Mahardian Affandy dan Safira Diva Ariyana.

Dalam sesi akhir akhirussanah disampaikan tausiyah oleh Abah KH. Khamami selaku pendiri dan pembina Yayasan Al Ikhsan Pesantren Multazam. Beliau menyampaikan pesan kepada wisudawan untuk senantiasa menuntut ilmu karena ilmu adalah jalan untuk meraih kemuliaan. Doa bersama kemudian dipanjatkan seraya wisudawan melakukan sungkem kepada kedua orang tua sebagai simbol untuk memohon doa dan restu agar diberikan kelancaran dan kesuksesan menuntut ilmu di jenjang pendidikan lebih tinggi. Rasa haru menutup rangkaian acara akhirussanah pada hari itu. Selamat untuk para wisudawan angkatan V SMA Multazam IBS Semarang. Semoga sukses menjadi generasi Qur’ani berprestasi, insan qolbu cerdas, unggul prestasi, terampil, inovasi, mandiri dan berwawasan lingkungan. Aamiin.

 

Penulis            : Devy Eka Nurmalasari, S.Pd., Guru SMA Multazam IBS

Editor              : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang