SMA Negeri 11 Semarang menggelar kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi siswa baru tahun ajaran 2023/2024 dengan salah satu kegiatan yang dilakukan yaitu membersihkan dan merehabilitasi taman sekolah. Kegiatan ini berlangsung di taman-taman yang ada di SMA Negeri 11 Semarang pada hari Jumat, 21 Juli 2023, pukul 08.00-11.45 WIB.

Kegiatan MPLS ini diikuti oleh seluruh siswa-siswibaru SMA Negeri 11 Semarang yang berjumlah 432 orang. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dan masing-masing kelompok diberikan tugas untuk membersihkan dan merehabilitasi satu bagian taman sekolah.

Taman sekolah yang dibersihkan dan direhabilitasi meliputi taman yang berada depan kelas, green house,dan kolam sekolah. Siswa membersihkan taman dari sampah dan rumput liar. Mereka juga menanam bunga dan tanaman baru di taman yang terlihat mulai gundul dan banyak ditemui tumbuhan yang mati. Selain itu, siswa juga memperbaiki fasilitas taman yang rusak.

Kegiatan MPLS ini bertujuan untuk mengenalkan siswa baru dengan lingkungan sekolah mereka. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengajarkan siswa tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Siswa sangat antusias mengikuti kegiatan MPLS ini. Mereka merasa senang bisa belajar sambil bersosialisasi dengan teman-teman baru mereka. Siswa juga merasa bangga bisa ikut serta dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan sekolah.

Kepala SMA Negeri 11 Semarang, Rr. Tri Widiyastuti, S.Pd., mengatakan bahwa kegiatan MPLS ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun. Sebagai sekolah Adiwiyata yang berambisi mewujudkan Sekolah Adiwiyata Mandiri, kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa baru agar dapat beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan belajar dengan baik sekaligus membangunkan kesadaran akan pelestarian lingkungan sekolah.

Saya berharap agar kegiatan MPLS ini dapat memberikan dampak positif bagi siswa baru. Siswa baru diharapkan dapat menjadi siswa yang berprestasi, disiplin, dan peduli terhadap lingkungan, siswa yang memiliki profil pelajar Pancasila. “Kegiatan MPLS yang didalamnya terdapat unsur Adiwiyata ini sangat penting bagi siswa baru. Melalui kegiatan ini, siswabaru dapat belajar tentang lingkungan sekolah mereka, belajar bersosialisasi dengan teman-teman baru mereka, dan belajar menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan dalam menunjang proses kegiatan belajar mengajar nantinya,” kata Tri Widiyastuti.

Penulis : Ardian W. Nirmala, Tim Humas SMAN 11 Semarang.

Editor : Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah.