SMAHA Genzees : Bijak Bersosial Media, Cegah Dampak Buruk di Dunia Maya

Di era sekarang ini, laju perkembangan teknologi dan penyebaran informasi semakin mengglobal dalam wujud digital. Salah satu bentuk perkembangan teknologi bidang informasi dan komunikasi adalah media sosial. Tentu saja dari penggunaan media sosial ini mempermudah penggunanya untuk mendapatkan informasi dan memperluas jejaring di dunia maya. Termasuk para remaja usia SMA yang telah menjadi pengguna aktif media sosial saat ini, sebut saja Instagram, Tik Tok, Youtube, Podcast, WhatsApp, dan lain-lain.

Ironisnya, tak jarang dari para pelajar ini menyalahgunakan atau lebih tepatnya belum paham bagaimana cara menggunakan sosial media dengan baik dan bijak sehingga menimbulkan dampak buruk baik bagi dirinya maupun orang lain. Untuk itu pada hari Jumat (21/7/2023), SMAHA (SMA Islam Hidayatullah) mengadakan sosialisasi  Bijak Bersosial Media Sosial. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk memberikan wawasan kepada siswa agar bisa menjadi remaja yang bijak bersosial media.

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan pada Jumat, 21 Juli 2023 di ruang kelas masing-masing. Wali kelas dan pendamping wali kelas XI menjadi pemateri dalam kegiatan ini. Materi yang disampaikan sangatlah detail, salah satunya yaitu penyampaian dampak positif dan negatif dari media sosial.

 “Kegiatan bijak bersosial media ini rutin kami selenggarakan sebagai upaya untuk membekali wawasan kepada anak-anak agar menjadi pribadi yang bijak dan bertanggung jawab dalam bersosial media. Semoga melalui kegiatan ini, siswa SMAHA bisa menjadi remaja yang bijak bersosial media” jelas Bu Wied, Waka Kesiswaan.

Penulis: Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah.