Halau Gabut dengan Sosialisasi Studi Lanjut

Lulus SMA mau kemana? Mungkin itulah pertanyaan yang sering terbesit di benak siswa, terutama siswa kelas XII. Ya, tinggal sejengkal lagi mereka  akan meninggalkan bangku SMA dan mulai memikirkan tujuan hidup secara matang. 

SMAHA merupakan salah satu SMA swasta di Semarang yang terus memberikan pelayanan terbaik bagi siswanya. Banyak sekali program kegiatan yang dirancang SMAHA guna bisa menghasilkan lulusan yang berkualitas dan religius. Salah satunya yaitu sosialisasi persiapan studi lanjut. Harapannya, setelah adanya kegiatan ini siswa sudah memiliki gambaran akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri, swasta, atau pun sekolah kedinasan.

Sosialisasi persiapan studi lanjut dilaksanakan di ruang meeting dan diikuti oleh seluruh siswa kelas XII. Kegiatan dibuka oleh Miss Agitha Pramesti, S.Pd., selaku moderator, lalu diisi oleh Bu Ikhfatul Aulyah, S.Pd., selaku guru BK. Bu Aulyah membuka kegiatan dengan menanyakan kegiatan apa yang akan dilakukan siswa-siswi setelah lulus nanti, dilanjutkan membahas studi lanjut dengan menggali informasi jenis-jenis studi lanjut, tingkatan studi lanjut, jalur masuk perguruan tinggi, kiat dan tips masuk perguruan tinggi hingga diakhiri dengan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity dan Threat) pada diri sendiri untuk menggapai mimpi jurusan yang ingin dicapai. “Anak-anak, kalian jangan galau nanti setelah lulus SMA mau lanjut kemana. Semoga melalui kegiatan ini kalian bisa lebih mempersiapkan diri untuk menggapai cita-cita. Kami selaku tim BK membuka kesempatan untuk kalian yang ingin berkonsultasi dalam persiapan studi lanjut”, tutur Bu Aulyah.

Salah satu siswa kelas XII MIPA 2, Farah Nurina menyampaikan sangat senang mengikuti kegiatan ini. “Terima kasih kepada guru SMAHA yang selalu memberikan informasi dan pelayanan yang terbaik bagi kami. Melalui kegiatan ini saya memiliki gambaran terkait studi lanjut dan mulai menyusun strategi untuk persiapan studi lanjut”, tambah Farah.