Tanggung Jawab, Kunci di Balik Keberhasilan Siswa SMAHA

Ibnu Hajar Si Anak Batu, itulah judul sepenggal kisah yang disampaikan oleh Ibu Nunung Kusumawati, S.S., selaku pembina apel (24/7/23). Beliau menceritakan kisah di balik keberhasilan dari salah satu tokoh biografi sukses tersebut. “Walaupun usaha kita kecil, maka akan tetap membuahkan hasil besar jika dilakukan secara berkelanjutan”, itulah tutur Hanif Nur (X-1), saat Bu Nunung meminta salah satu peserta apel untuk mengambil hikmah dari kisah yang sudah diceritakan.

Ada yang berbeda pada apel pagi ini, yaitu di penghujung apel terdapat pengumuman penghargaan untuk siswa yang meraih prestasi akademik semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Orang tua/wali siswa berprestasi juga hadir dalam apel ini. Berikut siswa- siswi yang telah berhasil menyabet penghargaan sebagai siswa berprestasi. Kelas XI jurusan MIPA diraih oleh Hasan Tsabit Azzumar (ranking  1 paralel dari kelas XI MIPA 1), Zahra Nabiha Adin (ranking 2 paralel dari kelas XI MIPA 2), dan Aisyah Muna (ranking 3 paralel dari kelas XI MIPA 2). Kelas XI jurusan IPS diraih oleh Muhammad Akhtar Fazel Q. (ranking  1 paralel dari kelas XI IPS 1), Salsabila Miftahul J (ranking 2 paralel dari kelas XI IPS 2), dan Lindy Arya Abdillah (ranking 3 paralel dari kelas XI IPS I). Kelas X putra diraih oleh M. irfan Hidayat (ranking  1 paralel dari kelas X 2), Hannan Abdullah (ranking 2 paralel dari kelas X 1), dan M. Dzulfikar Aditya  (ranking 3 paralel dari kelas X 1). Kelas X putri diraih oleh Fadilah Intan M (ranking  1 paralel dari kelas X 3), Tandira Zahra N (ranking 2 paralel dari kelas X 3), dan Kayla Denaya S (ranking 3 paralel dari kelas X 3).

Sebagai apresiasi, masing-masing siswa berprestasi mendapatkan hadiah dari sekolah. Khusus bagi siswa yang meraih prestasi ranking 1 paralel  mendapatkan tambahan hadiah yakni beasiswa dari Yayasan Abul Yatama berupa bebas uang jariyah/SPP selama satu semester. 

“Alhamdulillah atas prestasi yang diraih anak saya, ini merupakan buah kerja keras ananda dalam menjalankan amanah dan tanggung jawab yang diberikan kepadanya”, tutur Bapak Ardan Sirojudin ayah dari Akhtar Fazel. Ibunda dari Hasan Tsabit, Ani Fatihah menyampaikan jika ananda selalu  me-manage waktu dengan baik di tengah rutinitasnya yang lumayan padat. 

Selamat kepada para siswa berprestasi, selamat mempertahankannya dan tetap diiringi dengan ikhtiar, doa, dan tawakal!

Penulis : Annisa Erwindani, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.