Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah SMAN 1 Bringin Tahun Ajaran 2023/2024

Proses pelaksanaan seleksi Pendaftaran Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2023 / 2024 sudah berakhir setelah melalui proses yang cukup panjang dan melelahkan. Setelah melewati proses daftar ulang yang dilaksanakan pada tanggal 3 s.d 6 Juli 2023, Peserta Didik Baru yang akan memasuki tahap selanjutnya di SMA Negeri 1 Bringin berjumlah 324 siswa yang terbagi menjadi 9 kelas. Tahap selanjutnya yang harus diikuti Peserta Didik Baru adalah mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).
Sesuai Permendikbudristek tentang Juknis MPLS tahun ajaran 2023/2024 dan materi MPLS tahun ajaran 2023/2024, tujuan MPLS adalah untuk:
1. mengenal potensi diri peserta didik baru
2. membantu peserta didik baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum dan sarana prasarana sekolah
3. menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai peserta didik baru
4. mengembangkan interaksi positif antar peserta didik baru dan warga sekolah lainnya
5. menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan peserta didik yang memiliki nilai integritas, etos kerja dan semangat gotong royong
MPLS di SMA Negeri 1 Bringin dilaksanakan pada tanggal 17, 18 dan 20 Juli 2023 yang secara resmi dibuka oleh Kepala SMA Negeri 1 Bringin, Ibu Tri Yuniarti Retno Kristianingsih, S.Pd saat upacara pembukaan hari Senin, 17 Juli 2023 di lapangan upacara dan diikuti seluruh warga sekolah. Pada sambutannya ibu Kepala Sekolah menyampaikan ucapan selamat kepada peserta didik baru karena sudah bergabung di SMA Negeri 1 Bringin dan juga ucapan selamat datang di SMA Negeri 1 Bringin dengan harapan peserta didik baru bisa beradaptasi dengan lingkungan yang baru dan juga bisa mematuhi semua peraturan yang ada di SMA Negeri 1 Bringin.
MPLS hari pertama diisi dengan materi Visi Misi Sekolah oleh Kepala Sekolah, Ibu Tri Yuniarti Retno Kristianingsih, S.Pd, dilanjut dengan materi Struktur Kurikulum oleh Waka Kurikulum, bapak Anjas Karuniawan, S.Pd, M.A., kemudian dilanjutkan materi Adiwiyata oleh Penanggung jawab program Adiwiyata, bapak Wahyu Haryatno, S.Pd dan yang terakhir materi Kewirausahaan oleh penanggung jawab program, ibu Devi Risna Ariana, S.Pd.
Hari ke dua MPLS diawali dengan materi Tata tertib sekolah yang disampaikan oleh Waka kesiswaan, ibu Yusnita Ariyansyah, S.Pd, dilanjutkan materi Sekolah Tanggap Bencana oleh relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), bapak Ganang Habibi Vandi Putra. Kemudian masih ada materi lagi yaitu Berinternet sehat dan aman yang diisi oleh Bapak Aditya Wisnu, mahasiswa IT UIN Salatiga, dilanjut materi Pertolongan pertama pada kecelakaan dari Puskesmas Bringin yang pada kesempatan kali ini diisi kepala Puskesmas, dr. Bagus Panuntun. Di hari ke dua ini peserta didik baru juga ada agenda mengenal lingkungan sekolah dengan berkeliling di lingkungan sekolah agar bisa mengetahui dan memahami lingkungan sekolah.
Hari ketiga atau hari terakhir MPLS, peserta didik baru mendapatkan materi Bela Negara dan PBB dari staf Koramil Bringin, dilanjutkan materi Berkendara yang tertib dan Aman yang diisi dari staf Polsek Bringin, dan materi yang terakhir adalah materi Cara penanganan si jago merah dari tim Posko pemadam kebakaran Bringin. Kegiatan MPLS resmi tutup oleh Waka Humas, Bapak Muslih, S.Pd.

;”>Penulis: Yusnita Ariansyah, S.Pd. Guru SMA N 1 Bringin.
Editor : Annisa Erwindani, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.