Character Building SMAHA : Munculkan Karakter Positif Siswa

Seperti kita ketahui bahwa proses globalisasi secara terus-menerus akan berdampak pada perubahan karakter masyarakat Indonesia. Kurangnya pendidikan karakter terutama pada remaja akan menimbulkan krisis moral yang berakibat pada perilaku negatif di masyarakat. Untuk mengantisipasi hal tersebut, SMAHA terus berupaya untuk ikut serta dalam pengembangan kualitas dan proses pembentukan karakter peserta didiknya.

Selasa, 22 Agustus 2023, SMAHA mengadakan kegiatan Character Building 2023 bersama Madani Adventure. Kegiatan perdana ini merupakan rangkaian dari Life Proposal yang dicanangkan oleh tim kurikulum dan kesiswaan SMAHA. Diharapkan melalui kegiatan ini siswa dapat membangun kepedulian, jiwa kepemimpinan, profesionalisme, dan memiliki inovasi.

Kegiatan yang diikuti oleh kelas X ini diawali dengan pembiasaan dzikir pagi, sholat dhuha, dan literasi di aula. Setelah itu, kegiatan siswa didampingi crew Madani Adventure. Mulai dari pengecekan tugas, membuat kesepakatan bersama, PBB, games, sesi leadership, hingga penutupan. 

“Semua kegiatan yang diikuti siswa memiliki filosofi masing-masing. Seperti halnya games X-Innovation (telur, sedotan, dan karet) yang memiliki filosofi bahwa seorang leader harus memiliki inovasi. “Telur yang rawan pecah diinovasi dengan sedotan dan karet, dibungkus agar tidak pecah” tutur Bapak Ridwan crew Madani.

Nazneen Aliyah S.Y, peserta kegiatan dari kelas X-3 merasa senang mengikuti kegiatan ini. “Kegiatan ini keren. Banyak manfaat yang saya dapatkan. Seperti membangun karakter, kita menjadi lebih bertanggung jawab, disiplin, kuat, dan bekerjasama dalam tim. 

Penulis : Annisa Erwindani, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.