Kolaborasi dengan Ekstrakulikuler SMAN 14 Semarang, UNNES Ciptakan Tarian Kombinasi

Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) pada program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Universitas Negeri Semarang (UNNES) lakukan kolaborasi tarian yang kemudian dinamai dengan Cahaya Nusantara. Kegiatan yang menggandeng siswa-siswi dari ekstrakurikuler tari traditional serta modern dance  SMA Negeri 14 Semarang, mahasiswa PPL tersebut melakukan latihan berkali-kali.

Bermula dengan adanya penugasan oleh kampus pada mata kuliah proyek kepemimpinan II yang harus dilakukan di sekolah sasaran PPL, para mahasiswa tersebut kemudian berkoordinasi dengan guru mata pelajaran Seni Budaya untuk merealisasikan tari kolaborasi.

“Kami sebagai mahasiswa berkordinasi dengan guru pamong yaitu ibu sadtiti terlebih dahulu dan juga OSIS SMA 14 untuk menjembatani antara mahasiswa PPL dengan tim ekstrakulikuler terpilih tersebut.” Ungkap Ikrom Lana selaku koordinator mahasiswa PPL Jurusan Seni Tari UNNES.

Setelah mengantongi izin dari guru pamong, kelompok yang dikomandani secara langsung oleh Ikrom Lana bergegas untuk menentukan nama projek.

“Setelah beberapa kali berdiskusi akhirnya kami menentukan nama untuk kegiatan tersebut yaitu Cahaya Nusantara sebagai representasi keberagaman Indonesia yang ada disekolah dalam bentuk ekstrakulikuler.” Imbuhnya.

Membutuhkan waktu selama dua minggu untuk memproduksi projek tersebut yang keseluruhan dokumentasi di dapat dari beragam aktivitas di sekolah hingga pada puncak kegiatan 17 Agustus.

Membantu terselenggaranya projek tersebut, Intan Rosiana Arianti berharap dengan adanya kegiatan kolaborasi ini dapat menjadi wadah kreativitas bagi peserta didik yang terlibat terutama dalam seni pertunjukan tari.

“Kita juga menginginkan nantinya pihak sekolah dapat mewadahi potensi peserta didik tersebut pada tingkat yang lebih tinggi”, tuturnya.

Kepada segenap pihak yang terlibat dalam kegiatan ini, Ikrom Lana mewakili rekan kerjanya mengucap beribu terima kasih diantaranya kepada dosen mata kuliah proyek kepemimpinan 2, Ibu Sri Sadtiti selaku guru pamong mahasiswa PPL Seni Budaya, Pihak OSIS SMAN 14 Semarang, tim ekstrakulikuler Tari Tradisional dan Modern Dance, Rekan sesama mahasiswa PPL, seluruh dewan guru dan juga peserta didik SMAN 14 Semarang.

“Tentunya banyak sekali pihak yang mendukung dan membantu terselenggaranya projek ini, dan saya mewakili sangat berterima kasih”, pungkasnya.

Penulis : Muhamad Zayyinul Muttaqin, S.Pd. Guru SMAN 14 Semarang.

Editor               : Annisa Erwindani, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.