SMAN 14 Tanamkan Pendidikan Karakter melalui Outing Class

 

Melalui Kegiatan Pramuka Blok, SMA Negeri 14 Semarang ajak siswa-siswi kelas XII melakukan outing class di Komando Latihan (Kolat) Rindam IV/Diponegoro Bantir, Sumowono, Kabupaten Semarang mulai Rabu (30/08/2023) sampai dengan Kamis (31/08/2023) lalu. Bertemakan “Pendidikan Karakter”, kegiatan dipandu langsung oleh Pelatih dan Instruktur dari Kolat Rindam IV/Diponegoro.

“Siswa-siswa kita dipandu oleh Sertu Ali Rudianto, Serda Bambang, Serka Afi Fadkhan, dan Serka Yamdi selama 2 hari.” Ungkap Ibu Noer Hudha Ekowati Pembimbing dan Wali Kelas XII IPS 2.

Dibuka secara langsung oleh Ibu Kepala SMA Negeri 14 Semarang, Aniek Windrayani, S.Pd., M.Pd. beliau berpesan kepada sejumlah siswa kelas XII untuk aktif dan semangat dalam mengikuti kegiatan pramuka ini.

Dalam sambutannya pula, Ibu Aniek menjelaskan, “Kegiatan di alam terbuka ini akan banyak sekali aktivitas, memang melelahkan akan tetapi ini akan sangat fun.”

Kegiatan perkemahan yang juga melibatkan semua wali kelas XII diselenggarakan untuk proses pendewasaan siswa serta membangun karakter mereka melalui beberapa materi seperti training motivasi, wawasan kebangsaan, bela negara, etika, outbond dan pasukan baris-berbaris.

“Ya, tentunya untuk melatih kedewasaan mereka.” Ujar Bapak Marza Aditya selaku panitia Pendidikan Karakter Kelas XII.

Beliau menambahkan, meskipun agenda yang berlangsung di kaki gunung Ungaran dengan tingkat kedinginan cukup tinggi, kondisi kegiatan berlangsung dengan lancar dan baik (sesuai harapan).

Sejalan dengan hal tersebut, Sertu Ali Rudianto menjelaskan bahwa kegiatan pendidikan karakter ini bertujuan untuk melatih dan membiasakan untuk disiplin waktu, bekerja, ibadah, menjunjung tinggi tanggung jawab juga mencakup membiasakan kebersihan lingkungan.

Dengan adanya kegiatan tersebut, Ibu Noer Hudha  menaruh harapan kepada semua siswa untuk dapat membentuk dan melatih kemampuan mereka secara terus menerus sehingga menjadi pribadi yang bermoral, berakhlak mulia, tangguh dan berperilaku baik.

Kegiatan ditutup pada Hari Kamis pukul 08.45 WIB untuk kembali ke kota Semarang.

Penulis : Muhamad Zayyinul Muttaqin Guru SMA N 14 Semarang.

Editor : Annisa Erwindani, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.