SMKN 10 Semarang Hadir Dalam Bintek SMK Pusat Keunggulan

Jakarta, Senin, 04 September 2023 – Hari ini, Bimbingan Teknis Tahap 2 (Bintek) SMK Pusat Keunggulan digelar di Menara Peninsula Hotel Jakarta. Acara ini dihadiri oleh sebanyak 87 SMK dari berbagai daerah, termasuk SMKN 10 Semarang.

Dalam laporannya, Ketua Program Penguatan SMK, Ibu Pipin Dwi Nugraheni, SE, menyampaikan bahwa ada 300 SMK yang menjadi sasaran skema baru ini, tersebar di 28 propinsi di seluruh Indonesia. Bintek ini di awali dengan pertemuan secara daring sebelum tatap muka untuk memfasilitasi penyelesaian tugas yang akan dijalankan oleh SMK peserta.

Salah satu fokus utama Bintek ini adalah untuk menyepakati penggunaan dana yang akan dialokasikan untuk peralatan, rehabilitasi fasilitas, dan penguatan pembelajaran guna memperkuat konsep “teaching factory” di SMK. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan vokasi di Indonesia.

Dr. Wardani Sugiyanto, M.Pd, Direktur SMK, membuka acara ini dengan semangat. Beliau menegaskan bahwa SMK Pusat Keunggulan bukanlah hadiah semata, melainkan sebuah penghargaan yang didasarkan pada prestasi. SMK PK menjadi sekolah yang menjadi pusat keunggulan dalam tiga aspek utama, yaitu kepemimpinan sekolah, kerjasama dan keselarasan dengan dunia kerja, serta keterserapan lulusan yang mencakup pilihan bekerja, melanjutkan, dan berwirausaha.

Bimbingan Teknis Tahap 2 ini diharapkan dapat memberikan arahan dan dukungan yang lebih baik kepada SMK Pusat Keunggulan di seluruh Indonesia dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan vokasi dan mempersiapkan generasi muda untuk terjun ke dunia kerja dengan kompetensi yang unggul.

Penulis : Muhammad Yunan Setiawan, S.Pd, Waka Sarteg dan Ketenagaan SMKN 10 Semarang

Editor : Humas SMKN 10 Semarang