Kunjungan Kadoi Minako Sensei The Japan Foundation di SMAN 7 Semarang Mendongkrak Motivasi Siswa

Pada Kamis, 24 Agustus 2023, SMA Negeri 7 menerima kunjungan kerja Kadoi Minako Sensei. Kadoi Minako Sensei adalah Japanese Language Expert (Ahli Bahasa Jepang)  dari The Japan Foundation. Kadoi sensei bertugas di wilayah Jateng dan DIY sejak Maret 2023. Di tengah kesibukannya Kadoi menyempatkan untuk berkunjung dan melihat secara langsung pembelajaran bahasa Jepang di SMA Negeri 7 Semarang. Dina sensei dan Nida sensei adalah guru bahasa Jepang di SMA Negeri 7 Semarang, Dina sensei mengajar kelas 12 MIPA 2 dengan tema Hobi (Shumi) dan Nida sensei mengajar kelas 11.2 dengan tema Salam (Aisatsu).

Kadoi sensei sangat terkesan dengan pembelajaran bahasa Jepang oleh kedua sensei tersebut. Kunjungan Kadoi sensei membawa dampak positif terhadap semangat siswa, hal ini terlihat dengan antusias siswa yang sangat senang dan aktif saat pembelajaran di kelas. Alur pembelajaran yang ditambahkan oleh Kadoi kepada Dina sensei dan Dida sensei sangat menginspirasi dan menambah pengetahuan untuk meningkatkan pembelajaran bahasa Jepang menjadi lebih menarik dan inovatif. Alur pembelajaran mencakup 4 keterampilan berbahasa yaitu keterampilan berbicara, menulis, mendengarkan dan membaca. Siswa sangat antusias meskipun hanya dalam waktu yang singkat namun bisa berkenalan, bertemu dan berkomunikasi secara langsung dengan orang Jepang menggunakan bahasa Jepang.

Ibu Tuti Supriyanti Asofi, S.Pd. selaku waka humas mengatakan kunjungan kerja kadoi sensei akan menjadikan kenangan yang tidak terlupakan oleh siswa sehingga dapat memotivasi siswa untuk lebih semangat belajar. Bapak Sugiyo, S.Pd., M.Kom. selaku kepala sekolah juga menyampaikan harapan semoga kerjasama dengan The Japan Foundation tetap terjalin dengan baik dan ke depan semakin banyak bantuan dari The Japan Foundation seperti program penempatan relawan Jepang di sekolah, program bantuan bahan ajar serta beasiswa siswa ke Jepang.

 

Penulis : Nur Adina C, S.S., Guru SMAN 7 Semarang

Editor 1 : Tuti Supriyanti Asofi, S.Pd., Humas SMAN 7 Semarang

Editor 2 : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Bawen