Siswa SMAN 3 Semarang Sabet Medali Emas IIIEX International Competition 2023

Kanker payudara menjadi inspirasi 2 siswa SMAN 3 Semarang untuk meneliti dan memenangkan Gold Medal di ajang Indonesia International Invention Expo IIIEX 2023, pada 26 Agustus 2023. Melalui penelitian yang luar biasa tentang penyakit kanker payudara yang sedang tinggi-tingginya di Indonesia, Naswa Alifia Putri dan Putri Adina Kartika Ayu, siswa kelas XI-8 ini berinisiatif untuk mengeksplorasi mengenai tanamanam tradisional yaitu lengkuas yang biasa dipakai di dapur untuk bumbu masakan. Ternyata, dari bahan lengkuas setelah diekstraksi di labolatorium, terdapat senyawa yang berpotensi berperan sebagai antikanker pada pasien kanker payudara. 

“Saya sendiri memang dari awal senang riset di bidang biomedicine apalagi tentang potensi senyawa pada tanaman-tanaman tradisional Indonesia. Semangat dan minat yang sama bersama bersama Putri Adina yang suka mempelajari penyakit-penyakit patologi akhirnya membawa kami berdua bisa menyukseskan riset ini,” ucap Naswa. 

Nama Alpinia Team diambil karena semangat mereka untuk  berkolaborasi dan mengajak SMA dari luar Semarang untuk bergabung bersama-sama meneliti mengenai lengkuas ini. “Saya harap melalui riset ini, kami dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan pemanfaatan tanaman herbal tradisional serta menjaga pola hidup untuk mengurangi tingkat risiko terjadinya kanker payudara,” sambung Adina melengkapi.

Kepala SMAN 3 Semarang, Drs. Yuwana, M.Kom, saat penyerahan medali pada upacara bendera berpesan, “Teruslah berprestasi lebih tinggi lagi. Semangat, usaha, dan dukungan doa dari seluruh civitas akademika merupakan kolaborasi yang bisa memacu dan memicu semua siswa berprestasi di semua bidang yang ditekuninya.”

Selamat buat medali emasnya Naswa dan Putri Adina dan tetap SPECTACULAR!

Penulis :  Arief, Wakakom SMAN 3 Semarang.

Editor   : Annisa Erwindani, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.