Tim Tari Ratoh Jaroe SMA Nasima Meriahkan Acara Serah Terima  Ketua BKOW Jawa Tengah

 

Tari Ratoh Jaroe yang merupakan salah satu ekstrakurikuler unggulan SMA Nasima tampil memeriahkan acara Serah Terima KetuaBKOW (Badan Kerjasama Organisasi Wanita) Provinsi Jawa Tengah. Acara tersebut diselenggarakan di Wisma Perdamaian, Semarang pada Rabu (30/8/2023) siang. Kehadiran H. Taj Yasin Maimoen sebagai Wakil gubernur Jawa Tengah dan Hj. Nawal Arafah Yasin isteri Wakil Gubernurmenggelorakan rasa semangat siswi-siswi SMA Nasima yang tergabungdi Tim Ratoh Jaroe untuk menyuguhkan penampilan yang terbaik. “Waktu menampilkan Ratoh Jaroe itu buat menyambut wakil gubernur, Bapak H. Taj Yasin Maimoen dan Ibu Hj. Nawal Arafah Yasin” kata Almas Ariestaniaanggota Ratoh Jaroe SMA Nasima. Almas menjelaskan bahwa kehadiranTim Ratoh Jaroe SMA Nasima bertujuan menyajikan tampilan tarian untukmenyambut hadirnya H. Taj Yasin Maimoen sebagai wakil gubernur Jawa Tengah dan Hj. Nawal Arafah Yasin yang menghadiri acara Serah TerimaKetua BKOW. Pada penampilan tersebut Tim Tari Ratoh Jaroe SMA Nasima membawa 14 siswi beserta guru pendamping, “Dari pihak Nasima tentunya dari Tim Ratoh Jaroe ada 14 orang ditambah dengan syeikhsekaligus pelatih kami Mas Izul. Untuk guru pendamping saat itu ada Bu Rizky dan Bu Aprista. Selain itu ada Pak Pri sebagai akomodasi kita untukke Wisma Perdamaian.” ungkap Btary Ayurvedya salah satu Tim RatohJaroe SMA Nasima.

Siswi yang tergabung untuk menampilkan tari Ratoh Jaroe di Wisma Perdamaian sejumlah 14 siswi. Dari 14 siswi tersebut terdapat 9 siswikelas 12 yaitu, Almas, Aura, Averina, Ayasha, Cita, Nayla, Nizli, Shafira, Tiara. Ditambah dengan 5 siswi kelas 11 yaitu Adia, Asa, Btary, Dyandra, dan Maura. Keempat belas siswi tersebut merupakan anggota Tim Tari Ratoh Jaroe SMA Nasima. Tim Ratoh Jaroe SMA Nasima tentunya inginmenampilkan penampilan yang terbaik untuk acara ini. Pastinya merekaakan melakukan latihan untuk melancarkan gerakan yang sudah ada, “Jujur latihan nya untuk acara ini h-1 tapi untuk gerakan nya memang kitaudah ready dari 2 tahun lalu waktu aku dan temen-temen kelas 10,” ucapBtary Ayurvedya.“Kalau gerakan dasarnya udah dilatih sekitar bulanOktober 2022, tapi untuk variasi pastinya ada perubahan terus. Dan khusus penampilan kalinini kita kebetulan dapat berita untuk tampilnyamendadak. Jadi hanya latian 1 hari sebelum acara.” tambah Maura. Btarydan Maura sendiri mengungkapkan bahwa untuk gerakan dasar sudahdilatih kurang lebih 2 tahun yang lalu. Namun variasi dalam tari RatohJaroe pasti akan berubah dan bertambah. Di penampilan kali ini, Tim Ratoh Jaroe SMA Nasima hanya melakukan latihan selama 1 hari sajakarena undangan yang mendadak untuk mereka tampil. Walaupunundangan yang mendadak, itu tidak membuat anggota Ratoh Jaroe SMA Nasima menyerah. Mereka tetap profesional dan menyajikan penampilanterbaik untuk di tampilkan di acara Serah Terima Ketua BKOW ini.

Memperoleh kesempatan untuk tampil di acara Serah Terima KetuaBKOW (Badan Kerjasama Organisasi Wanita) Provinsi Jawa Tengah initentunya menjadi suatu kebanggaan tersendiri untuk Ratoh Jaroe SMA Nasima karena bisa menampilkan penampilan tarinya di depan wakil gubernur Jawa Tengah dan orang-orang penting yang di percaya oleh wakil gubernur. “Kita merasa bangga, karena kapan lagi bisa tampil di depan wakil gubernur Jawa Tengah dan tentunya tamu undangan juga orang-orang penting yang percaya oleh wakil gubernur.” ungkap Btary.Penampilan Tim Ratoh Jaroe di Wisma Perdamaian tentunya merupakansalah satu pengalaman berharga yang dirasakan oleh anggota. Merekadapat menampilkan penampilannya dengan bangga di depan wakil gubernur Jawa Tengah beserta istrinya dan juga tamu undangan yang telah datang. Dengan ini juga mereka berharap bahwa Ratoh Jaroe SMA Nasima dapat menampilkan penampilan yang lebih baik lagi di acara-acara selanjutnya dan bisa membanggakan SMA Nasima dan pastinyaIndonesia tercinta.

Penulis : Fauzia Rahma Ulinnucha, S.Pd. Guru SMA Nasima.

Editor  : Annisa Erwindani, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.