Perundungan merupakan perilaku tidak menyenangkan baik secara verbal, fisik ataupun sosial di dunia nyata maupun dunia maya yang membuat seseorang merasa tidak nyaman, sakit hati dan tertekan baik dilakukan oleh perorangan ataupun kelompok.

Mengingat pentingnya pemahaman perundungan ini untuk siswa-siswi SMAIT Bina Amal agar tidak menjadi korban apalagi pelaku perundungan, maka dilakukanlah kegiatan Seminar Pencegahan Perundungan dalam kegiatan P5 yang telah dilaksanakan pada Kamis, 21 September 2023 pukul 07.30-11.00 WIB. Kegiatan tersebut bertempat di Masjid Al Amilin dan diikuti oleh peserta didik kelas X, XI, dan XII.

“Tujuan dilaksanakannya Seminar tersebut adalah untuk memahamkan peserta didik agar mengetahui bahaya perundungan untuk kedepannya.” Ujar pemateri Seminar Pencegahan Perundungan, yaitu Erin Ratna Kustanti, S.Psi., M.Psi.

Selain diberikan pemahaman dan pengetahuan mengenai perundungan, siswa-siswi yang mengikuti kegiatan seminar ini membuat karya sebagai bentuk menolak bentuk apapun perundungan. Secara kelompok, membuat kata-kata motivasi yang mengandung anti perundungan di sekolah. Hasil karya tersebut kemudian di pasang di kelas masing-masing sebagai reminder bersama.

Semoga kegiatan ini dapat memberikan penguatan bagi siswa dan siswi SMAIT Bina Amal agar tidak menjadi bagian dari pelaku maupun korban perundungan baik di sekolah maupun di tempat lainnya.

Penulis : Khoiriyah, S.Pd. Guru SMA IT Bina Amal.

Editor : Annisa Erwindani, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.