Kepala SMKN 10 Semarang Berbagi PM2 di SMA Islam Hidayatullah Semarang

Semarang, 02 Oktober 2023 – Dalam upaya meningkatkan kapabilitas guru SMA Islam Hidayatullah Semarang, hari ini, Senin, 02 Oktober 2023, di ruang pertemuan sekolah tersebut, telah dilaksanakan Pelatihan Pembelajaran yang Menyenangkan dan Menantang Berbantuan IT.

Narasumber dalam pelatihan ini adalah Bapak Ardan Sirodjuddin, Kepala SMKN 10 Semarang, yang memiliki pengalaman dalam mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran.

Kepala SMA Islam Hidayatullah, Ibu Etik Ningsih, mengucapkan terima kasih atas motivasi dan berbagi ilmu yang diberikan oleh Bapak Ardan kepada guru-guru SMAHA. Ibu Etik menambahkan, “Ada ilmu dan pengetahuan baru yang diperoleh dalam acara ini. Sangat bermanfaat sekali, Insya Allah kami siap untuk menerapkan atau melaksanakannya.”

Sementara itu, pendapat yang sama juga disampaikan oleh Bapak Bakhtiar, seorang guru di SMA Islam Hidayatullah. Ia mengungkapkan, “Pendapat saya IHT tadi sangat bermanfaat bagi kami selaku guru untuk mengaktualisasi diri, terutama terhadap perkembangan teknologi seperti ‘Artificial Intelligence’ yang selama ini ditakutkan akan menggantikan peran guru, ternyata bisa dimanfaatkan untuk mendukung pelaksanaan tugas guru.”

Pendapat juga datang dari Ibu Suwarni. Guru Bahasa Indonesia SMA Islam Hidayatullah ini berpendapat kegiatan IHT tadi sangat bermanfaat buat para guru dalam pengembangan profesinya. Khususnya, pemanfaatan AI–Bard dalam pembelajaran. Pemanfaatan AI–Bard sangat membantu guru dalam pembuatan bahan ajar, perangkat, pembelajaran, LKPD, dan atau keperluan menulis artikel.

Fasilitas Bard tersebut sangat membantu para guru dalam merancang metode atau strategi dalam mengajar.

Satu lagi, suntikan motivasi menulis dari Pak Ardan seakan memberi magnet tersendiri buat guru Hida agar bisa segera menulis.

Pelatihan berjalan lancar dan peserta dengan tekun berkomitmen untuk terus belajar dan mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran mereka. Dengan semangat yang tinggi, guru-guru SMA Islam Hidayatullah Semarang siap menghadapi tantangan pendidikan masa depan.

Penulis : Humas SMKN 10 Semarang