Rakor Pendampingan SMK PK dari Perguruan Tinggi

Semarang, 06 Oktober 2023 – Hari ini, Jumat, 06 Oktober 2023, SMKN 10 Semarang telah melaksanakan rapat koordinasi secara daring dengan pendamping SMK PK dari perguruan tinggi dalam upaya mencapai persamaan persepsi Program SMK Pusat Keunggulan tahun 2023. Koordinasi ini dipimpin oleh Ibu Ina Maryani, M.Kom, yang mewakili Universitas Bina Sarana Informatika, bersama dengan tim SMK PK dari SMKN 10 Semarang.

Dalam paparannya, Ibu Ina Maryani menjelaskan konsep SMK Pusat Keunggulan, sebuah program yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kinerja Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan program keahlian tertentu. Program ini akan diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), menjadikan SMK-PK sebagai SMK rujukan yang bersemangat dalam pengimbasan dan pusat peningkatan kualitas serta kinerja SMK lainnya.

SMK-PK diharapkan akan menjadi Sekolah Penggerak yang akan mempercepat peningkatan kapasitas dan kualitas guru serta pembelajaran siswa-siswi SMK di seluruh Indonesia. Hal ini juga akan mewujudkan SMK yang dapat dijalankan dengan pengelolaan berbasis kolaborasi nyata dengan mitra dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja secara menyeluruh dan berkelanjutan.

Program SMK Pusat Keunggulan bertujuan membangun SMK dengan kualitas dan kinerja optimal sehingga menghasilkan lulusan yang sangat dihargai dan diserap oleh dunia kerja, menjadikan mereka sebagai mercusuar bagi SMK lainnya melalui proses transformasi.

Ibu Ina Maryani, pendamping SMK PK dari Perguruan Tinggi, menyampaikan rasa senangnya terkait dengan program pendampingan SMK PK ini, terlebih lagi dengan respons positif yang diterima dari pihak sekolah, termasuk Kepala Sekolah dan tim pendukung.

Ibu Ina Maryani berbagi pandangannya, “Dengan adanya program ini, saya sebagai pendamping berharap sekolah dapat menghasilkan lulusan SMK yang dapat dengan mudah terserap di dunia kerja, karena telah terjalin hubungan erat antara sekolah dan Dunia Industri. SMK Negeri 10 Semarang akan mampu menjalankan program sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Kami akan terus berkoordinasi dan berkolaborasi dengan semangat untuk menjadikan SMK Negeri 10 Semarang sebagai SMK Pusat Keunggulan yang memberikan kontribusi positif dalam dunia pendidikan.”

Kepala SMKN 10 Semarang, Bapak Ardan Sirodjuddin, menyambut baik hasil dari rapat koordinasi ini. Beliau menyatakan, “Dari rapat koordinasi ini, kami mendapatkan penyamaan persepsi dalam melaksanakan kegiatan SMK Pusat Keunggulan. Ini merupakan langkah positif dalam meningkatkan kualitas dan kinerja SMK kami.

Rapat koordinasi ini diharapkan akan menjadi tonggak awal yang penting dalam upaya SMKN 10 Semarang dan semua pihak terkait dalam mencapai tujuan program SMK Pusat Keunggulan tahun 2023.

Penulis : Andhika Wildan Krisnamurti, M.Pd, Komite Pembelajaran SMKN 10 Semarang