SMKN 4 Semarang Tarik Siswa PKL di PT Panasonic Manufacturing Indonesia Jakarta

Dengan berakhirnya masa Praktek Kerja Lapangan (PKL) periode 1 tanggal 23 Juni sd 30 September 2023 sejumlah 11 Siswa SMKN 4 Semarang yang terdiri dari 9 siswa program keahlian Teknik Elektronika dan 2 siswa program keahlian teknik pemesinan. Para siswa yang telah mendapatkan pengalaman dan pembelajaran bermakna selama di Industri tentang dunia kerja bidang manufakturing menikmati budaya kerja yang ada di industri, menikmati bagaimana menikmati kebersamaan dengan rekan kerrja, bagaimana cara berkomunikasi ditempat kerja, dan apa yang boleh dan tidak boleh yang dilakukan ditempat kerja dan yang terpenting adalah kesiapan mereka setelah lulus nanti sehingga mereka yakin memilih SMK adalah pilihan terbaik.

Melatih karakter sesuai dengan Profil Pancasila, kemandiriaan,dimana mereka harus saling berbagi ruang di asrama, disiplin memanej waktu istirahat, kerja dan refreshing, mereka ditempa dengan pembiasaan yang benar-benar berbada dengan yang disekolah. Pengalaman kerja yang telah diberikan para instruktur industri meliputi softskill dan hardskill, dengan berbasis perusahaan PT Gobel Grup Indonesia sebuah perusahaan raksasa di Jepang, siswa SMKN 4 Semarang mendapatkan kesempatan untuk menimba ilmu dan menambah wawasan serta peningkatan kompetensi didunia kerja secara nyata. Hasil yang diharapkan dalam program PKL ini adalah Siswa SMK yang mampu mandiri dan bersaing di era abad 21 nanti dimana tantangan kerja tidak hanya berasalh dari dalam negeri tetapi menyiapkan mental mereka untuk bersaing di pasar bebas dimana hanya kompetensi sofskill dan hardskill yang akan menjadi pemenang.

PT Panasonic Manufakturing Indonesia Jakarta sebagai mitra industri SMKN 4 Semarang telah lama menjalin kerjasama dan telah banyak peran dalam mewujudkan 8 plus I vokasi dari mulai sinkronisasi kurikulum, PKL, Guru Tamu, Kelas Industri, Magang Siswa, Magang Guru, Produk Knowledge, Seminar, dan kegiatan yang menunjang vokasi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Baca juga di :
https://www.smk4smg.sch.id
Penulis : Ice Faulia, S.Pd M.Si (Waka Humas dan Hubbin SMKN4 Semarang)
Editor : Nenden Oktafia, S. Kom