Peringati Bulan Bahasa, SMAN 10 Semarang Gelar Workshop Jurnalistik

SMAN 10 Semarang menggelar Workshop Jurnalistik dan Bercerita. Workshop ini  diselenggarakan dalam rangka peringatan Bulan Bahasa tahun 2023. Kegiatan tersebut diadakan di ruang serbaguna pada Rabu-Kamis, 18-19 Oktober 2023. Achiar M Permana dari Tribun Jateng hadir sebagai narasumber berita. Sedangkan narasumber untuk bercerita adalah Kak Kempho Antaka dari Sanggar CerGam Kak Kempho, Juru Kisah Nasional yang juga merupakan alumni SMAN 10 Semarang.

Kepala sekolah Akhirul Fathoni, SE., sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Hal ini dikarenakan kegiatan workshop merupakan wujud pelayanan dari sekolah untuk pengembangan bakat dan minat siswa. Selain itu juga merupakan upaya pengembangan gerakan literasi di sekolah.

“Kegiatan workshop ini sangat baik untuk pengembangan gerakan literasi di sekolah,” ujar Kepala SMAN 10 Semarang, Akhirul Fathoni, S.E. “Selain itu workshop juga merupakan bentuk layanan sekolah terhadap pengembangan bakat dan minat siswa,” lanjutnya.

Kegiatan workshop tidak hanya diikuti oleh siswa, tetapi juga diikuti oleh guru. Peserta dari siswa berasal dari beberapa elemen. Di antaranya dari Bidang Sastra dan Budaya OSIS, MPK, anggota baru ekstrakurikuler Jurnalistik, dan perwakilan kelas. Sedangkan guru-guru merupakan tim redaksi dari majalah sekolah, Majalah Aksara.

Ketua panitia, Chesa menyebutkan bahwa workshop tahun ini mengambil tema “Bumikan Literasi di Era Globalisasi”. Selain sebagai kegiatan rutin untuk melatih anggota baru dalam ilmu jurnalistik, kegiatan juga dimaksudkan untuk memperingati Bulan Bahasa, yang biasa diperingati setiap bulan Oktober.

Penulis : Humas SMAN 10 Semarang.

Editor : Annisa Erwindani, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.