Workshop Penyelarasan Pembelajaran Berbasis Dunia Kerja di SMK Negeri 10 Semarang Hari Pertama

Semarang – Pada hari ini, Rabu (18/10/2023) SMK Negeri 10 Semarang menyelenggarakan Workshop Penyelarasan Pembelajaran Berbasis Dunia Kerja Tahun 2023. Workshop ini merupakan tahap awal dari upaya penyelarasan kurikulum dengan kebutuhan dunia kerja, khususnya untuk Program Keahlian Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim dengan konsentrasi Keahlian Pengembangan Gim.

Kepala SMKN 10 Semarang, Bapak Ardan Sirodjuddin mengatakan sekolah memiliki tekad yang kuat untuk memberikan pendidikan terbaik bagi siswa. Salah satu langkah penting dalam mencapai tujuan ini adalah menjadikan kurikulum kami sesuai dengan dunia kerja.

“Sekarang, kata ‘sinkronisasi kurikulum’ adalah hal yang sering kita dengar. Namun, mari kita ingat bahwa itu tidak hanya sebatas kata-kata atau norma yang harus diikuti. Saya mengajak seluruh jurusan di sekolah ini untuk menjalankan sinkronisasi kurikulum dengan cara yang benar-benar implementatif” Ujar Ardan Sirodjuddin.

Selanjutnya beliau menambahkan kita harus benar-benar memahami kebutuhan dan tuntutan dunia kerja. Kita harus berbicara dengan industri, perusahaan, dan ahli di berbagai bidang untuk memahami apa yang mereka cari dalam calon pekerja. Kemudian, kita perlu memastikan bahwa apa yang diajarkan di dalam kelas memiliki aplikasi nyata di dunia kerja.

Salah satu momen penting dalam workshop ini adalah sinkronisasi kurikulum dengan pihak IDUKA (Industri Dunia Kerja), yang diwakili oleh Bapak Godham Eko Saputro, SSn., MDs, yang merupakan Owner dari Bapak Pucung Studio. Bapak Godham yang telah berpengalaman dalam industri perangkat lunak dan gim, berbagi wawasan berharga dengan peserta workshop. Beliau mengungkapkan pentingnya kerjasama antara dunia pendidikan dan dunia kerja untuk menciptakan lulusan yang siap terjun ke pasar kerja.

Kegiatan ini membahas berbagai aspek terkait kurikulum, termasuk pemahaman mendalam tentang kebutuhan industri dan perangkat lunak terkini. Sinkronisasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa siswa yang menempuh program ini mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan tuntutan dunia kerja yang terus berkembang.

Workshop penyelarasan pembelajaran berbasis dunia kerja ini diharapkan akan memberikan manfaat besar bagi siswa SMK Negeri 10 Semarang, menjadikan mereka lebih siap menghadapi tantangan dalam dunia kerja yang terus berubah dan berkembang.

Penulis : Nur Kholifah, S.S, Guru Bahasa jepang SMKN 10 Semarang